Detail Karya Ilmiah

  • Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Android Di PDAM Kota Bangkalan
    Penulis : Badriatul Mutmainah
    Dosen Pembimbing I : Imamah, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah. Pada saat ini, pelanggan PDAM semakin meningkat. Akan tetapi, bertambahnya pelanggan tersebut tidak diimbangi dengan pelayanan. PDAM kabupaten Bangkalan tidak menyediakan system informasi pengaduan berbasis tehnoligi, setiap pengaduan dicatat secara manual. Berdasarkan hal tersebut diusulkan system informasi pengaduan pelanggan PDAM berbasis android studio pada bagian client dan menggunakan tehnologi web pada sisi server. Hasil akhir dari laporan tugas akhir adalah dihasilkan program system informasi pengaduan pelanggan berbasis android yang dapat Memudahkan dalam melakukan pengaduan kerusakan yang terjadi pada PDAM. Sebagai media Pengaduan yang tepat dan beguna para pelanggan di kota bangkalan dan memberikan informasi peta lokasi pelanggan yang telah terdaftar di PDAM kota Bangkalan. Kata kunci : PDAM, Sistem informasi, Android.

    Abstraction

    Local water company is one of the regional owned business units. At this time, PDAM customers are increasing. However, the increase in subscribers is not matched by service. Bangkalan district's PDAM does not provide a complaint-based information system, each complaint is manually recorded. Based on the proposed customer complaint information system PDAM based on android studio on the client and using web technology on the server side. The final result of the final report is generated customer-based customer complaints information system program that can facilitate in making complaints of damage that occurred in the PDAM. As an appropriate complaint media and use of customers in bangkalan city and provide location map information of customers who have registered in PDAM Bangkalan city. Keywords: PDAM, Information system, Android

Detail Jurnal