Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI PENGENALAN ISYARAT HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TUNA RUNGU WICARA BERBASIS METODE PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA)
    Penulis : Wita Indrawati
    Dosen Pembimbing I : Diana Rahmawati, S.T., M.T.
    Dosen Pembimbing II :A. Fiqhi Ibadillah S.T., M.Sc.
    Abstraksi

    ABSTRAK Mengenal dan belajar huruf hijaiyah merupakan dasar yang sangat penting dalam membaca Al-Qur’an sejak usia dini. Bagi sebagian orang normal mengenal dan belajar huruf hijaiyah sangatlah mudah, namun berbeda halnya dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus salah satunya tuna rungu wicara. Penderita tuna rungu wicara dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat baik itu berupa gerakan isyarat tangan, isyarat tubuh dan mimik wajah. Dari permasalahan tersebut, dibuat suatu sistem implementasi pengenalan isyarat huruf hijaiyah untuk anak tuna rungu wicara menggunakan metode Principle Component Analysis (PCA) pada komputer dekstop, tujuannya untuk mempermudah anak tuna rungu wicara dalam mengenal huruf hijaiyah. Tahapan proses yang harus dilalui dalam pengenalan isyarat tangan adalah deteksi objek tangan pengguna menggunakan inisialisasi webcam, tahapan pre-processing, pengambilan citra, ekstrasi fiture PCA untuk mencari nilai eigen yang dominan dan klasifikasi tangan menggunakan metode Euclidean Distance. Keluaran dari sistem ini adalah pengenalan tangan dan identifikasi huruf hijaiyah “? (Alif)”-“? (Ya)” berupa teks dan suara. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan tingkat keberhasilan tertinggi yaitu sebesar 55% dengan pengujian jarak 50cm, penerangan normal lampu 20 watt, dan menggunakan kamera logitech C922 Pro. Kata kunci : Deteksi tangan, Euclidean Distance, Huruf Hijaiyah, Principle Component Analysis (PCA), dan Tuna Rungu Wicara.

    Abstraction

    Getting to know and learn hijaiyah letters is a very important basis in reading the Qur'an from an early age. For some normal people who know and learn hijaiyah letters it is very easy, but it is different from the case with children who have special needs, one of them is deaf and speechless. People with hearing impairments can communicate using sign language both in the form of hand gestures, body gestures and facial expressions. From these problems, a system for the implementation of the introduction of hijaiyah letter cues for deaf speech children was made using the Principle Component Analysis (PCA) method on desktop computers, the purpose of which was to facilitate deaf and speechless children in recognizing the letters hijaiyah. The stages of the process that must be passed in the introduction of hand signals are the detection of the user's hand using webcam initialization, the pre-processing stage, image retrieval, PCA fiture extraction to find the dominant eigen value and hand classification using Euclidean Distance method. The output of this system is hand recognition and identification of hijaiyah letters "? (Alif)" - "? (Ya)" in the form of text and sound. From the test result that have been carried out, the highest success rate is equal to 55% with a distance testing of 50cm, normal lighting of 20 watts of light, and using the logitech C922 Pro camera. Keywords: Hijaiyah letters, Deaf Speech, Hand Detection, Principle Component Analysis, and Euclidean Distance.

Detail Jurnal