Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Konsumen Dan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Konjoin Dan SWOT (Studi Kasus: Swalayan LJ STAR Pamekasan)Penulis : Mithatia SeptianaDosen Pembimbing I : ARI BASUKI, S.T.,M.T.Dosen Pembimbing II :Teguh Prasetyo, S.T.,M.TAbstraksi
Swalayan LJ Star merupakan salah satu retail yang didirikan sejak tahun 2007 terletak di Waru Barat kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Jawa timur. Swalayan LJ Star menjual berbagai produk yang dapat menunjang kebutuhan sehari-hari masayarakat sekitar. Data pengunjung 6 bulan terakhir, terlihat adanya tren jumlah penggunjung yang semakin menurun. Kondisi ini dapat menjadi ancaman bagi swalayan LJ Star untuk keberlanjutan bisnisnya. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui preferensi konsumen pada swalayan LJ STAR Pamekasan. Populasi penelitian adalah masyarakat sekitas yag pernah berbelanja di Swalayan tersebut. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 64 sampel, ukuran sample dilakukan dengan meggunakan metode linear time fuction. Jumlah atribut yang diteliti sebanyak 6 sehingga menggunakan metode tradisional konjoin (full profile) dengan fraksional faktorial desain untuk mereduksi jumlah kartu stimuli sehingga didapatkan 16 kartu stimuli. Analisis konjoin dilakukan dengan cara syntax dengan data masukan berupa data rating. Faktor yang diinginkan oleh konsumen berdasarkan hasil analisis konjoin didapatkan tingkat kepentingan yang menjadi pertimbangan dari masing-masing faktor adalah faktor 1 (kualitas) sebesar 12,889%, faktor 2 (pelayanan) 12,816%, faktor 3 (promosi) sebesar 15,816% , faktor 4 (fasilitas) sebesar 32,933%, faktor 5 (lokasi) sebesar 11,957% dan faktor 6 (fisik swalayan) sebesar 14,125%. Posisi usaha ritel swalayan LJ STAR Pamekasan dilihat dari matriks SPACE berada pada kuadran ke I, maka diperoleh strategi untuk swalayan LJ STAR Pamekasan yaitu Mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan setia, menjalin hubungan baik dengan pemasok dan melakukan pemasaran via internet. Kata Kunci: Swalayan, Konjoin, Nilai utilitas, Nilai kepentingan, SWOT.
AbstractionSupermarkets LJ Star is one of the retail established since 2007 located in Waru Barat district Waru East Java Pamekasan regency. Supermarkets LJ Star sells a variety of products that can support the daily needs of the community around. Data visitors the last 6 months, seen the trend of the number of users who are declining. This condition can be a threat to LJ Star supermarkets for the sake of business continuity. So do the research to know consumer preference at supermarket LJ STAR Pamekasan. The population of this research is the people who have been shopping at the supermarket. The number of samples in this study were 64 samples, sample size was done by using linear time fuction method. The number of attributes studied is 6 so using the traditional method of konjoin (full profile) with factorial fractional design to reduce the number of stimuli card to get 16 stimuli card. Conjoint analysis is done by syntax with input data in the form of rating data. Factors that wanted by consumer based on result of konjoin analysis got importance level which become consideration from each factor is factor 1 (quality) equal to 12,889%, factor 2 (service) 12,816%, factor 3 (promotion) equal to 15,816%, factor 4 ( facilities) of 32.933%, factor 5 (location) of 11.957% and factor 6 (physical self-service) of 14.125%. The position of retail self-service LJ STAR Pamekasan seen from the SPACE matrix is in the quadrant to I, Maintaining and improving the quality and service to maintain loyal customers, establish good relationships with suppliers and do marketing via the internet. Keywords: Supermarkets, Konjoin, Utility Value, Value of interest, SWOT.