Detail Karya Ilmiah

  • Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Jurusan Teknik Industri
    Penulis : Aji Prasetiyo Hutomo
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.si., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Anis Arendra, S.T, M.Eng.
    Abstraksi

    Pendidikan Indonesia dihadapkan dengan sejumlah tantangan dan peluang, yang tentunya berbeda dengan jaman-jaman sebelumnya. Pendidikan yang sebelumnya berpusat pada guru bergeser menjadi berpusat pada siswa. Dari satu arah menjadi interaktif. Dari penggunaan alat tunggal menjadi multimedia. Guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dan dinamika perubahan yang sedang dan akan terus berlangsung di abad ke-21 ini, lembaga pendidikan dituntut meningkatkan mutu pendidikan agar menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dan siap menjawab tantangan globalisasi. Salah satu cara untuk mengukur kualitas lulusan Pendidikan adalah dengan melihat prestasinya yang tergambar melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPK merupakan tolak ukur penguasaan akademik mahasiswa maka prestasi yang diperolehpun akan baik juga. ada beberapa faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa, yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar. Faktor internal terdiri dari aspek fisiologis (status gizi, kesehatan, dan kebiasaan sarapan pagi) dan aspek psikologis (intelegensi, sikap, bakat, minat, dan motivasi). Faktor eksternal terdiri dari lingkungan sosial (pendidikan ayah, pendidikan ibu, keadaan ekonomi orang tua, guru, teman-teman, dan masyarakat) dan lingkungan non sosial (lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal). Faktor pendekatan belajar yaitu jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi pembelajaran. Kata kunci : Analisis Faktor, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan Pendidikan

    Abstraction

    Indonesian education is faced with a number of challenges and opportunities, which are certainly different from previous times. Education that was previously teacher-centered shifted into student-centered. From one direction it becomes interactive. From the use of a single tool to multimedia. In order to anticipate and adapt to the various demands and dynamics of change that are currently and will continue in the 21st century, educational institutions are required to improve the quality of education in order to produce graduates who are competitive and ready to answer the challenges of globalization. One way to measure the quality of graduates of Education is to look at the achievements that are reflected through the Grade Point Average (GPA). GPA is a measure of student academic mastery, so the achievements will be good too. there are several factors that influence student GPA, namely internal factors, external factors, and learning approach factors. Internal factors consist of physiological aspects (nutritional status, health, and breakfast habits) and psychological aspects (intelligence, attitude, talent, interest, and motivation). External factors consist of social environment (father's education, mother's education, parents' economic condition, teacher, friends, and community) and non-social environment (school environment and living environment). The learning approach factor is the type of student learning effort which includes strategies and methods used by students to conduct learning activities in learning materials. Keywords: Factor Analysis, Grade Point Average (GPA), and Education

Detail Jurnal