Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KUALITAS LAYANAN INTERNET INDIHOME PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK LAMONGAN DENGAN MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE
    Penulis : Helmy Yahya
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Agus Salim, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Partial Least Square merupakan salah satu teknik analisis statistika multivariat yang dapat menangani banyak variabel respon dan sekaligus variabel eksplanatori. Teknik ini merupakan teknik SEM yang sifatnya lebih fleksibel, karena tidak memerlukan data yang berdistribusi normal. PLS dapat diterapkan ke dalam model reflektif maupun formatif dengan jumlah sampel yang kecil. Kegunaan PLS adalah sebagai prediktor untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kualitas layanan internet Indihome Telkom Lamongan. Variabel yang digunakan adalah tangible, empathy, assurance, reliability dan responsiveness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu indikator yang tidak memenuhi persyaratan yaitu indikator A5 dan R2. Harus dilakukan eliminasi pada indikator yang tidak sesuai syarat dari model PLS. Setelah dianalisis lebih lanjut, terdapat peningkatan nilai R square setelah dilakukan pengeliminasian pada indikator A5 dengan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadapa kualitas layanan internet Indihome Telkom Lamongan adalah variabel empathy.

    Abstraction

    Partial Least Square is one of multivariate statistical analysis technique that can handle many response variables and simultaneously explanatory variables. This technique is a SEM technique that is more flexible, because it does not require data that is normally distributed. PLS can be applied to both reflective and formative models with small sample quantities. Usefulness PLS is as a predictor to know the variables that affect the quality of Indihome Internet service Telkom Lamongan. The variables used are tangible, empathy, assurance, reliability and responsiveness. The results showed that there is one indicator that does not meet the requirements of indicators A5 and R2. Must be eliminated on indicators that are not eligible from the PLS model. After further analysis, there is an increase in R square value after the elimination of the indicator A5 with variables that significantly influence the quality of Internet service Indihome Telkom Lamongan is empathy variable.

Detail Jurnal