Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN APLIKASI OJEK ONLINE MENGGUNAKAN PENDEKATAN HOUSE OF QUALITY (Studi Kasus Ojek Online He-eh Jek)
    Penulis : NUR FITRIANA
    Dosen Pembimbing I : ARI BASUKI, S.T.,M.T.
    Dosen Pembimbing II :RULLIE ANNISA, S.T.,M.T.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan House Of Quality dalam menganalisis kebutuhan konsumen untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi ojek online pada Heeh Jek di kabupaten Nganjuk tahun 2018. Atribut yang digunakan sebagai persyaratan konsumen pada penelitian ini yaitu kemudahan pengguna, fleksibilitas sistem, kehandalan sistem, kecepatan respon, persepsi penggunaan, keamanan, menarik, harga, kemampuan fitur, jangkauan lokasi, variasi menu, tanda terima online, akurasi jarak tempuh, program promosi dan terdapat layanan pengaduan. Atribut yang digunakan sebagai persyaratan teknik yaitu meningkatkan keamanan akun pengguna, memberikan promosi yang menarik, meningkatkan variasi pilihan menu, memperbaiki keakuratan lokasi, memperbaiki bug sistem serta meningkatkan aksebilitas sistem. Metode yang digunakan untuk melakukan analisis yaitu menggunakan QFD (Quality Function Deployment) sampai pada tahap pertama yaitu House Of Quality. Berdasarkan uji validitas diperoleh seluruh nilai correlation pada seluruh atribut ? Rtabel (0.2787) dan Cronbach’s Alpha (0.872) ? Rtabel (0.2787) sehingga atribut penelitian yang digunakan reliabel. Hasil analisis menggunakan pendekatan HOQ menunjukkan bobot absolut tertinggi dari persyaratan teknis yaitu pada memperbaiki bug sistem dengan nilai 145.28, sehingga persyaratan ini dianggap sebagai nilai kritis yang dapat memberikan peluang terbesar dalam melakukan peningkatan layanan aplikasi.

    Abstraction

    This study aims to apply the House Of Quality approach in analyzing consumer needs to improve the quality of taxibike service applications online at Heeh Jek in Nganjuk district in 2018. Attributes used as consumer requirements in this study are user ease, system flexibility, system reliability, response speed, perception of use, security, attractiveness, price, feature capability, location coverage, variation menu, online receipt, mileage accuracy, promotion program and complaint services. Attributes used as a technical requirement are improving the security of user accounts, providing attractive promotions, increasing menu variations, improving location accuracy, fixing system bugs and increasing system accessibility. The method used to perform the analysis is using QFD (Quality Function Deployment) to the first stage of House Of Quality. Based on the validity test, all correlation values for all attributes ? Rtabel (0.2787) and Cronbach's Alpha (0.872) ? Rtabel (0.2787) are used so that the research attribute is reliable. The results of the analysis using the HOQ approach show the highest absolute weight of the technical requirement that is to fix the system bug with the value of 145.28, so this requirement is considered as a critical value that can provide the greatest opportunities in improving application services.

Detail Jurnal