Detail Karya Ilmiah
-
Implementasi Virtual Reality Obyek 3d Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Anatomi Organ Jantung ManusiaPenulis : M.Robithullah ArrawandiyDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati,S.Kom., M.T.Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, S.T., MT.Abstraksi
Jantung merupakan salah satu organ paling penting yang ada di dalam tubuh manusia. Karena jantung berperan sebagai pemompa darah dan membawa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan jantung kita sendiri mulai dari usia muda. Salah satu caranya yaitu dengan memahami materi tentang organ tubuh manusia yang ada terdapat dalam pelajaran Biologi. Untuk memahami ilmu Biologi memerlukan proses pembelajaran yang lebih interaktif. Oleh karena itu faktor media belajar juga berperan penting dalam memahami sebuah pelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggabungkan ilmu sains dengan teknologi, dengan cara menerapkan ilmu anatomi tubuh manusia menggunakan teknologi Virtual Reality jantung. Pada aplikasi anatomi jantung terdapat beberapa fitur yaitu, definisi jantung, mekanisme jantung, penyakit, gejala, penyebab dan pengobatan pada jantung. Indikator user experience dengan nilai rata – rata 65%, indikator user interface dengan nilai rata – rata 70%, dan perbandingan antara belajar menggunakan buku dan VR yaitu 51:153. Berdasarkan hasil rata – rata dari setiap indikator maka disimpulkan bahwa aplikasi mudah digunakan untuk proses belajar mengajar. Kata Kunci : Sains, Biologi, Virtual Reality, Jantung.
AbstractionThe heart is one of the most important organs in the human body. Because the heart functions as a blood pump and carries blood throughout the body. Therefore, we must take care of our own heart health from a young age. One way is to understand the material about human organs contained in Biology. To understand Biology requires a more interactive learning processlearning media factors also play an important role in understanding a lesson. Therefore to overcome these problems researchers combine science with technology, by applying the anatomy of the human body using Virtual Reality technology of the heart. In the application of cardiac anatomy there are several features, namely, the definition of the heart, heart mechanisms, diseases, symptoms, causes and treatment of the heart. Indicator of user experience with an average value of 65%, user interface indicators with an average value of 70%, and a comparison between learning to use books and VR that is 51: 153. Based on the average results of each indicator, it is concluded that the application is easy to use for teaching and learning. Kata Kunci : Science, Biology, Virtual Reality, Heart.