Detail Karya Ilmiah

  • Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SMARTER (Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank)
    Penulis : Syafrizal Febrianto
    Dosen Pembimbing I : Achmad Jauhari,S.T., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Devie Rosa Anamisa,S.Kom.,M.Kom
    Abstraksi

    Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan sistem yang dapat membantu seseorang dalam kehidupan sehari – hari dan bisa merekomendasikan kepada seseorang untuk menentukan sebuah keputusan yang akurat dan tepat sasaran, Dalam duni digitalisasi saat ini begitu banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan sistem pendukung keputusan salah satunya adalah kelayakan seorang nasabah dalam menerima kredit pembelian mobil. Beberapa penelitian sebelumnya dalam melakukan penelitian tentunya dibutuhkan metode untuk mendukung sebuah sistem pendukung keputusan. Pada sistem ini menggunakan metode SMARTER (Simple Multi Atibute Technique Exploiting Rank). Dalam menentukan sebuah kelayakan penerimaan kredit terdapat beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambil keputusan antara lain ID checking, pendapatan tiap bulan, kepribadian nasabah, jumlah tanggungan, dan pekerjaan. Sistem ini bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi metode SMARTER dalam menentukan sebuah keputusan nasabah yang dinyatakan bisa menerima kredit pembelian mobil. dari 58 data nasabah dari pihak showroom dan dibandingkan dengan data yang ada pada sistem terdapat 50 data yang sesuai dan 8 data yang tidak sesuai sehingga tingkat validitas sebesar 86,2%. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Penerima Kredit Pembelian Mobil, Metode SMARTER (Simple Multi Atibute Technique Exploiting Rank)

    Abstraction

    The decision-making system (SPK) is a system that can help a person in a daily life and can recommend to someone to determine a decision that is accurate and on target, in the current Duni digitization so Many problems that can be solved by the decision support System one of them is the eligibility of a customer in receiving car purchase credits. Some previous research in conducting research certainly needed a method to support a decision support system. This system uses the SMARTER method (Simple Multi Atibute Technique Exploiting Rank). In determining a feasibility of credit acceptance there are several criteria that are the basis of decision makers, among others ID checking, income per month, customer personality, number of liabilities, and employment. This system aims to determine the level of accuracy of the SMARTER method in determining a customer's decision that can receive car purchase credits. From 58 customer data from the showroom and compared to the data contained in the system there are 50 corresponding data and 8 inappropriate data so the validity rate of 86.2%. Keywords: Decision support system, creditworthiness of car purchase, SMARTER method (Simple Multi Atibute Technique Exploiting Rank)

Detail Jurnal