Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN ALGORITMA MAZE GENERATION PADA PERMAINAN ONLINE MAZE SURVIVAL BERBASIS WEBGL DENGAN PENYIMPANAN PADA CLOUD
    Penulis : Abdullah Fahmi
    Dosen Pembimbing I : Yonathan Ferry Hendrawan., S.T., M.IT.
    Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Permainan adalah salah satu media hiburan yang dimainkan oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga dewasa, terutama permainan online. Permainan online merupakan jenis permainan yang banyak diminati, hal ini menjadi alasan permainan online terus dikembangkan. Pada penelitian ini, sebuah permainan online dikembangkan dengan mengimplementasikan algoritma maze generation yang terbaik dan penyimpanan cloud untuk pembuatan permainan maze. Algoritma yang dibandingkan adalah Binary Tree, Aldous-Broder, Hunt-and-Kill, Growing Tree, dan Wilson’s. Algoritma pilihan yang terbaik diterapkan untuk menghasilkan lintasan maze sedangkan penyimpanan cloud digunakan untuk menyimpan akun player, score, dan result games. Selain itu, permainan ini juga dibuat menggunakan WebGL untuk pembuatan objek berbasis web. Hasil pengujian perbandingan maze menunjukkan bahwa algoritma tercepat untuk membuat maze adalah algoritma Binary Tree dengan rata-rata waktu 5,13 miliseconds pada ukuran maze 30x30. Dalam pengujian efisiensi penyimpanan, penyimpanan cloud lebih efisien dibandingkan penyimpanan lokal, dengan rata-rata waktu 21,20 miliseconds.

    Abstraction

    The game is one of the entertainment media that is played by all circles from children to adults, especially online games. Online games are a type of game that is in great demand, this is the reason online games continue to be developed. In this study, an online game was developed by implementing the best maze generation algorithm and cloud storage for making maze games. The algorithms that are compared are Binary Tree, Aldous-Broder, Hunt-and-Kill, Growing Tree, and Wilson's. The best choice algorithm is applied to produce the maze path while cloud storage is used to store player accounts, scores, and result games. In addition, this game is also made using WebGL for the creation of web-based objects. The results of the maze comparison test show that the fastest algorithm to create a maze is the Binary Tree algorithm with an average time of 5.13 miliseconds in the size of the 30x30 maze. In testing storage efficiency, cloud storage is more efficient than local storage, with an average time of 21.20 miliseconds.

Detail Jurnal