Detail Karya Ilmiah
-
Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Untuk Pemetaan Lokasi Wisata Di Kabupaten Mojokerto Menggunakan Algoritma GreedyPenulis : Aprilia Wahyu Hadi SaputriDosen Pembimbing I : Wahyudi Agustiono, S.Kom.,M.Sc.,PhDDosen Pembimbing II :Yoga Dwitya Pramudita, S.Kom.,M.CsAbstraksi
Mojokerto merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki berbagai macam kebudayaan, tradisi, sejarah hingga wisata yang menarik. Keanekaragaman tersebut berpotensi menjadikan Mojokerto menjadi tempat yang ramai dikunjungi para wisatawan. Waktu yang singkat dan banyaknya destinasi wisata yang ingin dikunjungi, membuat wisatawan harus menjadwalkan perjalanan wisatanya seefektif mungkin. Dengan mengimplemetasikan Traveling Salesman Problem menggunakan algoritma Greedy aplikasi dapat memberikan informasi kepada pengguna tentang rute paling optimum menuju beberapa lokasi wisata, pengguna dapat menentukan jalur yang akan dilalui untuk mengatasi efesiensi waktu. Algoritma Greedy dipilih dalam kasus Traveling Salesman Porblem karena algoritma ini dapat memberikan sebuah solusi terbaik untuk permasalahan optimasi dengan waktu pemrosesan yang cepat. Selain memberikan rute paling optimum, sistem juga memberikan informasi deskripsi mengenai destinasi wisata, tempata makan, dan penginapan yang dibutuhkan oleh wisatawan. Hasil dari implementasi Sistem Informasi Geografis Menggunakan Algoritma Greedy, didapatkan performa yang Baik dimana dapat dilihat dari akurasi ketepatan rekomendasi rute yang diberikan cukup sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh dinas pariwisata, dan dalam pemroresan Algoritma Greedy cukup singkat dengan kisaran waktu kurang dari 1 detik. Sistem cukup membantu wisatawan dalam memberikan informasi mengenai destinasi wisata dan menunjukan rekomendasi rute yang optimum yang dapat dilihat dari pengujian respon user yang mendapatkan nilai 79,8 %.
AbstractionMojokerto is one of the districts in East Java which has a variety of cultures, traditions, history up to interesting tour. This diversity has the potential to make it Mojokerto as a place that is crowded with tourists. Short time and many tourist destinations you want visited, making tourists have to schedule trips the tour is as effective as possible. By implementing Traveling Salesman Problems use Greedy algorithms. Application can provide information to users about the most optimum route towards several tourist locations, users can determine the path will be passed to overcome time efficiency. The Greedy algorithm is selected in the case of the Traveling Salesman Problem because this algorithm can provide the best solution for optimization problems with fast processing time. Besides providing the most optimum route, the system also provides description information about tourist destinations, meal order, and lodging needed by tourists. Results from the implementation of Geographic Information Systems Using Algorithms Greedy, got a good performance which can be seen from the accuracy of the accuracy of the route recommendations provided is sufficient according to recommendations given by the tourism agency, and within the scanning of the Greedy Algorithm is quite short in time less than 1 second. The system is quite helpful for travelers provide information about tourist destinations and shows optimum route recommendations that can be seen from the test response of users who get a value of 79.8%.