Detail Karya Ilmiah
-
Implementasi Google Drive API Untuk Meningkatkan Efesiensi dan Efektivitas Pada Manajemen Berkas DosenPenulis : Ahmad MoqaddasDosen Pembimbing I : Sigit Susanto Putro, S.Kom.,M.KomDosen Pembimbing II :Ach. Khozaimi, S.Kom.,M.KomAbstraksi
Manajemen berkas dosen dalam dunia pendidikan formal universitas merupakan hal yang sangat penting, berkas yang berisi data penelitian, data karya ilmiah (jurnal atau prosiding), berkas pengabdian kepada masyarakat dan juga data pengajaran dosen serta data profil dosen seperti ijazah dan trakskrip nilai adalah berkas yang wajib dimiliki oleh setiap dosen. Dalam pelayanan manajemen berkas dosen masih banyak permasalahan diantaranya penyimpanan berkas dosen masih terbilang manual dengan menyimpan berkas didalam ordner sehingga berkas rentan hilang, rusak atau disebabkan hal lain. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk mengelola berkas dosen sehingga lebih efektif dan efesien serta lebih aman. Pembuatan aplikasi dengan memanfaatkan salah satu media penyimpanan online yaitu google drive, dengan pembuatan aplikasi manajemen berkas dosen menggunakan penyimpanan online google drive berguna untuk mempermudah pengolahan data berkas dosen. Google drive sebagai media penyimpanan online menyediakan penyimpanan online gratis sehingga sangat efektif dan efisien untuk menyimpan banyak berkas. Dengan menyimpan berkas ke dalam google drive, berkas tidak mudah hilang dan mudah ditemukan. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas dan efesiensi aplikasi manajemen berkas dosen adalah sangat efektif dan efisien. Kata Kunci : Manajemen Berkas Dosen, Penyimpananan Online, Google Drive
AbstractionLecturer file management in the university's formal education world is very important, files containing research data, scientific work data (journals or proceedings), community service files and lecturer teaching data as well as lecturer profile data such as diplomas and grades are document files must be owned by every lecturer. In the lecturer file management service there are still many problems including storing lecturer files still fairly manually by storing files in an ordner so that files are vulnerable to being lost, damaged or caused by something else. The making of this application aims to manage the lecturers' files so that they are more effective and efficient and safer. Making an application by utilizing one of the online storage media namely google drive, by making a lecturer file management application using google drive online storage is useful to facilitate the processing of lecturer file data. Google drive as an online storage medium provides free online storage so it is very effective and efficient for storing many files. By saving files to Google Drive, files are not easily lost and are easy to find. Based on the test results it can be concluded that the level of effectiveness and efficiency of lecturer file management application is very effective and efficient. Keywords: Lecturer File Management, Online Storage, Google Drive.