Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Produk Jamu Empot-Empot dengan Metode QFD di PT. Ribkah Maryam Jokotole Kabupaten Bangkalan
    Penulis : NINA ISTIANA
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. H. Asfan, MP
    Dosen Pembimbing II :Millatul Ulya, S.TP., MT
    Abstraksi

    Pengembangan produk adalah penelitian terhadap produk yang sudah ada dan menghubungkannya dengan produk. Dimana QFD adalah metode untuk menilai kebutuhan pelanggan agar pengembangan produksinya lebih maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut jamu empot-empot yang diinginkan konsumen dan persyaratan teknis dari jamu empot-empot. Metode yang digunakan adalah metode QFD R1 matrik House of Quality (HOQ). HOQ merupakan rumah mutu yang akan diisi dari hasil didapatkan setelah wawancara. Terdapat 14 atribut kebutuhan konsumen yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk jamu empot-empot yaitu rasanya tidak terlalu pahit, terdapat rasa manis, praktis, tidak pekat, harganya murah, tidak menimbulkan efek samping, keamanan produk terjamin, tidak mengandung pengawet, komposisi harus jelas, menggunakan botol plastik isi 150 mL, kemasannya unik dan menarik, desain kemasan dengan warna cerah. Selain itu terdapat rancangan persyaratan teknis yang diperoleh dari 2 orang narasumber yang mana prioritas dari segi produk yang paling berpengaruh adalah formulasi simplisia yang digunakan. Sedangkan prioritas dari segi produk yang paling berpengaruh adalah pemilihan warna. Kata Kunci : Jamu empot-empot, Quality Function Deployment (QFD), pengembangan produk, House Of Quality (HOQ)

    Abstraction

    Product development is a study of combining one product to other product and mixing both two products. QFD is method to evaluate customer needs for more advanced of the product development. This research aims to observe the attribute of medicinal herbs (empot empot) from customer needs and the technical rules of the medicinal herbs (empot empot). This study uses QFD R1 matrix HOQ. HOQ is a quality house that would be filled out from the result of interview. There are 14 attributes of consumer needs that must be considered in developing the product, those must not too bitter , sweet, not too strong, practice, cheap, no side effects, product is secure, no preservatives, clear composition, plastic bottles 150 ml, unique and interesting packaging, packaging design with bright colors. Furthermore, there are two technical projection designs from 2 informants, according to them the priority from the most influential product is simplicia formulation used. Meanwhile, the priority of from the most influential product is color selection. KEYWORDS: Medicine Herbs Empot-Empot, Quality Function Deployment (QFD), Product Development, House Of Quality (HOQ).

Detail Jurnal