Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Produk Nasi Jagung Madura menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment).
    Penulis : WAHYUDI ILLAHI
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat, S.T., MT
    Dosen Pembimbing II :Dr. Moh. Fuad Fauzul M, S.TP, M.Si
    Abstraksi

    Perancangan dan pengembangan produk dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD)memberikan gambaran secara jelas mengenai produk yang akan dikembangkan dan di inginkan oleh konsumen demi tercapainya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk produk nasi jagung Madura yang diingikan konsumen, semua atribut yang diingikan konsumen serta persyaratan teknis seutuhnya dalam membuat produk Nasi Jagung Madura. Metode yang digunakan adalah metode QFD R1 matriks House of quality (HOQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapa 17 atribut kebutuhan konsumen yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk nasi jagung Madura, 9 atribut berhubungan dengan produk dan 8 berhubungan dengan kemasan. persyaratan teknis yang ditentukan oleh ahli dari segi produk terdapat 9 persyaratan teknis yang menjadi prioritas utama untuk diperhatikan adalah jenis jagung dan dari segi kemasan ada 8 persyaratan teknis yang sudah didapatkan dan yang menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan adalah ukuran tulisan, kekedapan kemasan dan jenis kemasan(tidak membuat produk cepat tengik). Kata kunci: Perancangan dan pengembangan produk, nasi jagung Madura, Quality Function Deployment.

    Abstraction

    Product design and development using the Quality Function Deployment (QFD) method provides a clear picture of products that will be developed and desired by consumers in order to achieve customer satisfaction. This study aims to determine the form of Madura corn rice products that are desired by consumers, all attributes desired by consumers and complete technical requirements in making Madura Corn Rice products. The method used is the QFD R1 matrix of House of quality (HOQ) matrix. The results showed that there were 17 attributes of consumer needs that must be considered in developing Madura corn rice products, 9 attributes related to products and 8 related to packaging. technical requirements determined by experts in terms of products there are 9 technical requirements which are the main priority to be considered are the types of corn and in terms of packaging there are 8 technical requirements that have been obtained and the main priority that must be considered is the size of the writing, the tightness of the packaging and the type of packaging (does not make the product rancid quickly). Keywords: Product design and development, Madura corn rice, Quality Function Deployment.

Detail Jurnal