Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN PRODUK KERIPIK PISANG DENGAN METODE QFD ( QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ) ( Studi Kasus : UD. Syahriyah )
    Penulis : JANURIANA NANDA ELISA
    Dosen Pembimbing I : KHOIRUL HIDAYAT, S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :Ir. UMI PURWANDARI, M. App. Sc., P. hD
    Abstraksi

    Era persaingan industri yang semakin kompetitif menuntut setiap industri untuk secara cermat melakukan berbagai upaya produktif, menuntut perusahaan agar dapat melakukan inovasi produk secara kreatif, salah satunya melakukan pengembangan produk. Hal ini bertujuan untuk mengetahui produk keripik pisang sesuai dengan harapan konsumen menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh belas atribut kebutuhan konsumen, sebelas atribut dari segi produk dan enam atribut dari segi kemasan. Pada persyaratan teknis terdapat dua puluh satu atribut, enam belas atribut dari segi produk dan lima atribut dari segi kemasan dalam mengembangkan produk keripik pisang yang sesuai dengan harapan konsumen. Atribut yang perlu di kembangkan dari segi produk adalah atribut warna keripik kuning kecoklatan dan dari segi kemasan atribut desain produk menarik. Kata Kunci : Pengembangan, Produk, Keripik Pisang.

    Abstraction

    The era of increasingly competitive industrial competition requires every industry to carefully perform various productive efforts, demanding the company to be able to innovate products creatively, one of them doing product development is done because of the increasing number of competitors and the existence of changes in high market tastes. Therefore, the product development of commercial banana chips by adding innovation creatively with attention to the important attributes of what should be considered for banana chips product in accondance with consumer expectations. The QFD (Quality Function Deployment) method is the method used in this research. The result of QFD method is known that banana chips product according to consumer expectation, with eleven attributes in terms of product an six in terms of packaging. In technical terms there are sixteen attributes in terms of product and five attributes in terms of packaging. This is strong foundation for continuing to the develop banana chips products that are in line with consumer exprectations. Kata Kunci : Banana Chips Products, QFD.

Detail Jurnal