Detail Karya Ilmiah
-
DESAIN STRATEGI PENGEMBANGANAGRIBISNIS TANAMAN KELOR (Studi Kasus : Di Desa Pakandangan Sangrah Bluto)Penulis : Fiqri Roma DiansyahDosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziah. SP., MPDosen Pembimbing II :Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP., Ph.DAbstraksi
Desa Pakandangan Sangrah merupkan salah satu wilayah yang berada di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, yang memiliki potensi pengembangan agribisnis tanaman kelor. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan faktor lingkungan internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada agribisnis tanaman kelor di Desa Pakandangan Sangrah. (2) Mendesain strategi pengembangan agribisnis tanaman kelor di Desa Pakandangan Sangrah. Metode yang digunakan adalah analisis Matriks IFE dan Matriks EFE untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal. Matriks InternalEksternal (IE) digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan dan menghasilkan grand strategi untuk perusahaan.Hasil analisis faktor eksternal pada matriks EFE dalam sumbu y diperoleh total skor sebesar 3,388 dan faktor internal pada matriks IFE dalam sumbu x sebesar 2,86, artinya hasil dari matriks IE diketahui posisi pengembangan kelor berada pada sel II (Growth and Build). Ada tiga alternatif strategi yang dapat diterapkan yaitu Penetrasi Pasar, pengembangan pasar dan Pengembangan Produk. Kata kunci: Agribisnis, Tanaman Kelor, Strategi, Matriks IE,
AbstractionPakandangan Sangrah Village is one of the areas in Bluto Subdistrict, Sumenep Regency, which has the potential to develop Moringa crop agribusiness. The objectives of this study are (1) Describe internal and external environmental factors that are strengths, weaknesses, opportunities and threats to Moringa crop agribusiness in Pakandangan Sangrah Village. (2) Designing strategies for Moringa plant agribusiness development in Pakandangan Sangrah Village. The method used is the analysis of IFE Matrix and EFE Matrix to evaluate internal and external factors. The Internal External Matrix (IE) is used to determine the position of the company and produce a grand strategy for the company. The results of the external factor analysis on the EFE matrix in the y axis obtained a total score of 3.388 and internal factors in the IFE matrix in the x-axis of 2.86. This means that the results from the IE matrix are known to position the moringa development in cell II (Growth and Build). There are three alternative strategies that can be applied namely Market Penetration, market development and Product Development. Keywords: Agribusiness, Moringa Plants, Strategy, IE Matrix.