Detail Karya Ilmiah

  • TINGKAT KEPUASAN PETANI PADI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN
    Penulis : Uswatun Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Isdiana Suprapti, SP., MM.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Teti Sugiarti, SP., M.Si.
    Abstraksi

    Pertanian merupakan sektor yang sangat penting dan strategis dalam perekonomian Nasional khususnya penyediaan pangan. Kontribusi yang cukup besar pada keberhasilan pertanian khususnya tanaman padi yaitu kegiatan penyuluhan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui harapan dan penilaian petani terhadap penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Kecamatan Pademawu berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja, (2) menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Kecamatan Pademawu dan (3) mengetahui implikasi tingkat kepuasan petani terhadap pembangunan pertanian di Kecamatan Pademawu. Pendekatan analisis deskriptif digunakan untuk menjawab tujuan pertama dan ketiga, tujuan pertama dilanjutkan dengan analisis kepentingan dan kinerja (Importance Performace Analysis) dan untuk tujuan kedua menggunakan analisis indeks kepuasan konsumen (Customer Statisfaction Index).Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah terdapat 1 atribut yang berada pada kuadran prioritas utama, 9 atribut yang berada pada kuadran pertahankan prestasi,3 atribut yang berada pada kuadran prioritas rendah dan 2 atribut yang berada pada kuadran berlebihan. Skor dari kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh 84,15 (sangat puas). Loyalitas dari anggota kelompok tani mengidentifikasi bahwa setiap kegiatan penyuluh yang dilakukan oleh penyuluh di BPP Kecamatan Pademawu akan selalu diikuti oleh anggota kelompok tani. Saran dari penelitian ini yaitu SDM yang berada di BPP Kecamatan Pademawu harus memperbaiki kinerja pada atribut kualitas kinerja penyuluh yang berada pada kategori “prioritas utama” yaitu penyuluh menyampaikan informasi teknologi baru (atribut 4) agar nantinya atribut tersebut dapat bergeser pada kategori “pertahankan prestasi”, karena atribut tersebut yang diinginkan petani dalam kinerjanya Kata kunci: Penyuluh Pertanian, IPA, Customer Statisfaction Index (CSI) Implikasi Kepuasan Petani, IPA

    Abstraction

    Agriculture is a very important and strategic sector in the national economy, especially the provision of food. A considerable contribution to the success of agriculture, especially rice cultivation is extension activities. The objectives of this study are (1) To know the expectation and assessment of farmers on agricultural extensionists in Agricultural Extension Center (BPP) of Pademawu Sub District based on the level of importance and level of performance, (2) To Analyze the level of farmers’ satisfaction on the performance of agricultural extensionists in Agricultural Extension Center (BPP) of Pademawu Sub District and (3) To know the implication of level of farmers’ satisfaction on agricultural development in Pademawu Sub District. A descriptive analysis approach is used to answer the first and third objectives, the first objective is being followed by the importance performace analysis and the second objective uses customer satisfaction index analysis. The results obtained from the study that there are 1 attribute that is in quadrant of the main priority, 9 attributes are in quadrant of maintain the achievement, 3 attributes are in quadrant of low priority and 2 attributes are in quadrant of excessive. Score of farmers’ satisfaction on the performance of extensionists is 84.15 (very satisfied). The loyalty of the members of farmers group identifies that any extension activities carried out by extensionists in Agricultural Extension Center (BPP) of Pademawu Sub District will always be attended by the members of farmers group. The suggestion of this study is that the human resources in Agricultural Extension Center (BPP) of Pademawu Sub District have to improve the performance on the attribute of the performance quality of extensionists who are in the “top priority” category that the extensionists convey new technology information (attribute 4) so that the attribute can shift in the category “maintain the achievement”, because the attribute is desired by farmers in its performance. Keywords: Agricultural Extensionists, IPA, Customer Statisfaction Index (CSI), Implication of Farmers Satisfaction, IPA

Detail Jurnal