Detail Karya Ilmiah

  • STRUKTUR DAN PERILAKU PASAR KOMODITAS CENGKIH (Syzigium aromaticum, L.) DI KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN NGANJUK
    Penulis : Warbianto
    Dosen Pembimbing I : Dr.Teti Sugiarti, SP.,MSi
    Dosen Pembimbing II :Novi Diana Badrut Tamami,SP. MP
    Abstraksi

    Lemahnya kekuatan tawar menawar oleh petani dan fluktuasi harga cengkih di Kecamatan Sawahan mempengaruhi pendapatan petani, dimana petani hanya dapat menerima harga yang sudah ditentukan oleh pedagang sehingga petani menjadi pihak yang paling lemah. Penelitian dilakukan di Desa Margopatut dan Desa Sawahan yang merupakan sentra penghasil cengkih terbesar di Kecamatan Sawahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis struktur dan perilaku pasar. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling untuk menentukan 10 petani dan snowball sampling digunakan untuk menentukan pedagang yang menjadi responden. Pedagang dibedakan berdasarkan tingkatan yaitu 1 pedagang tingkat desa, 2 pedagang tingkat kecamatan, dan 2 pedagang besar. Data primer dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan struktur pasar mengarah pada pasar oligopsoni yang dilihat dari jumlah pelaku, pasar, market share, dan IHH. Perilaku pasar menunjukkan terdapat 3 saluran pemasaran cengkih. pedagang besar pihak yang lebih banyak melakukan fungsi pemasaran. Kata Kunci : Struktur, Perilaku Pasar, Cengkih

    Abstraction

    Weak bargaining power by farmers and fluctuations in the price of cloves in Sawahan district affect income of farmer, where farmers can only receive prices determined by traders so farmers become the weakest part. The study is done in Margopatut Village and Sawahan Village which is the largest clove producing center in Sawahan district. This study aims to analyze market structure and conduct. Determination of samples is done by purposive sampling method to determine 10 farmers and snowball sampling is used to determine the traders who become respondents. Traders are distinguished by level, namely 1 village level trader, 2 sub-district level traders, and 2 wholesalers. Primary data were analyzed quantitatively and descriptively. The results of the study show that the market structure leads to the oligopsonic market seen from the number of market participants, market share, and IHH. Market conduct shows there are 3 marketing channels for cloves. Wholesalers who have more marketing functions. Keywords : Structure, Conduct, Market, Cloves

Detail Jurnal