Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI USAHA KELOMPOK PENGRAJIN BATIK MANDANGIN
    Penulis : Hafiluddin
    Dosen Pembimbing I : Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP., Ph.D
    Dosen Pembimbing II :Dr. Teti Sugiarti, SP., M.Si.
    Abstraksi

    Jumlah penduduk yang sangat tinggi sekitar 21.534 jiwa menyebabkan masyarakat Mandangin membutuhkan lapangan pekerjaan lain selain sebagai nelayan, salah satunya bidang wirausaha. Usaha ini diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk mayarakat Mandangin mengingat jumlah penduduk yang berada di Pulau Mandangin cukup padat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pendapatan Kelompok Pengrajin Batik Mandangin (2) Mengidentifikasi kondisi manajemen pemasaran Kelompok Pengrajin Batik Mandangin (3) Mengidentifikasi strategi pemasaran yang tepat pada Kelompok Pengrajin Batik Mandangin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya, analisis IFAS dan EFAS dan analisis Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R/C Ratio pada Kelompok Pengrajin Batik Mandangin sebesar 1,08 yang berarti usaha tersebut menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan karena R/C Ratio > 1. Selain itu, Kelompok Pengrajin Batik Mandangin berada diposisi kuadran IV pada Matriks SWOT artinya usaha tersebut berada pada posisi yang lemah dan menghadapi tantangan yang besar. Kata Kunci : Analisis Biaya, Usaha Batik, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

    Abstraction

    The population of Mandangin society is very high around 21.534 inhabitants cause requires the other jobs than as a fisherman, one field of entrepreneurship. This business also expected to create new jobs for the Mandangin society considering the number of population is quite dense Mandangin Island. The purpose of this study were (1) analyze revenue Batik Mandangin group of craftsmen (2) Identify marketing management conditions Batik Mandangin group of craftsmen (3) Identifying the right marketing strategy in Batik Mandangin group of craftsmen. The method used in this research is the analysis of costs, IFAS and EFAS analysis and SWOT matrix analysis. The results showed that the results of R / C Ratio on Batik Mandangin group of craftsmen is 1.08, which means the business is profitable and appropriate to proceed as R / C Ratio> 1. In addition, Batik Mandangin group of craftsmen is positioned in quadrant IV for SWOT Matrix means the business is located in a weak position and face great challenges. Keywords: Cost, Batik Bussiness, Marketing Strategy, SWOT Analysis

Detail Jurnal