Detail Karya Ilmiah
-
Formulasi Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Jollong Pati Jawa TengahPenulis : Muhammad Afif UdinDosen Pembimbing I : Dr. Isdiana Suprapti, SP., MMDosen Pembimbing II :Dr. Ir. Slamet Subari , M.SiAbstraksi
Kabupaten Pati memiliki banyak daya tarik wisata baik alam, sejarah, maupun religi. Salah satu daya tarik wisata yang banyak dikunjungi di Kabupaten Pati adalah Agrowisata Kebun Jollong. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang ada di Agrowisata Kebun Jollong Pati 2) Mengetahui formulasi strategi pengembangan pariwisata di Agrowisata Kebun Jollong Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis IFAS dan EFAS, dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan posisi Agrowisata Kebun Jollong berada dikuadran I karena faktor kekuatan dan peluang lebih dominan dari faktor kelemahan dan ancaman. Sehingga strategi yang digunakan adalah strategi S-O (Strength–Opportunity) yaitu dukungan pemerintah dengan kewenangannya membantu pengembangan obyek wisata, meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan pelatihan-pelatihan, meningkatkan intensitas promosi, menambah dan memelihara sarana prasarana yang ada. Kata kunci: Agrowisata Kebun Jollong, Formulasi Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Strategi S-O (Strength–Opportunity)
AbstractionPati Regency has many tourist attraction of nature, history, and religion. One of the most visited tourist attraction in Pati Regency isAgriculture Tourism Jollong Garden. The purpose of this research is 1) Knowing the factors internal and external that exist in Agriculture Tourism JollongGarden Pati 2) Knowing the formulation of tourism development strategy in Agriculture Tourism Garden Jollong Pati regency. The methods used in this research are IFAS and EFAS Analysis, and SWOT Matrix Analysis. The result of this research shows that Jollong GardenAgriculture Tourism position is in quadrant I because strength factor and opportunity is more dominant than weakness and threat factor. So the strategy used is the S-O (strength-opportunity) strategy which is government support with the authority to assist the development of tourism object, improve the quality of the workforce with the training, increase the intensity of promotion, add and maintain the existing infrastructure. Key words: Jollong Garden Agriculture Tourism, Development Strategy Formulation, SWOT Matrix Analysis, S-O Strategy (strength-opportunity)