Detail Karya Ilmiah
-
Strategi Pengembangan Pasar Kolpajung Di Kabupaten PamekasanPenulis : Maulani YulindasariDosen Pembimbing I : Dr. Isdiana Suprapti, SP., MMDosen Pembimbing II :Dr. Mardiyah Hayati, SP., MPAbstraksi
Pasar Kolpajung merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pamekasan yang beroperasional setiap hari. Tujuan penelitian ini : (1) mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal Pasar Kolpajung dan (2) merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan Pasar Kolpajung. Metode analisis data yang digunakan adalah matriks IFE, matriks EFE, diagram SWOT, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal kekuatan utama Pasar Kolpajung adalah variasi produk. Sedangkan faktor internal kelemahan utamanya adalah kualitas SDM (pedagang). Faktor eksternal peluang utamanya adalah adanya konsumen tetap yang berbelanja di Pasar Kolpajung. Sedangkan faktor eksternal ancaman utamanya adalah keamanan Pasar Kolpajung. Diketahui posisi Pasar Kolpajung berada pada kuadran I yakni Growth Strategy. Dari analisis SWOT diperoleh strategi S-O yakni 1)meningkatkan kerjasama pengelola pasar dan warga sekitar, 2) menambah variasi produk, 3)mempertahankan harga produk dengan proses tawar-menawar antara pedagang dan pembeli, dan 4) meningkatkan akses dan mengembangkan lokasi Pasar Kolpajung. Untuk melakukan kerjasama antara pengelola pasar dan warga sekitar sebaiknya dilakukan perjanjian tertulis. Untuk menambah variasi produk sebaiknya pedagang menambah mitra pasoknya. Kata Kunci: Pasar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Diagram SWOT, dan Analisis SWOT
AbstractionKolpajung Traditional Market is one of the biggest traditional market in Pamekasan Region that doing trade everyday. The aims of this observation are: (1) to identify the internal and external environmental in Kolpajung traditional Market. (2) to formulate the alternative strategy with that can be applied in developing Kolpajung Traditional Market. The methodology to analyze the data is IFE matrix, EFE matrix, SWOT, and Analysis of SWOT. the result of this study showing the internal element prominent strength in Kolpajung Traditional Market is product variation. Whereas the weakness of internal element is natural resource (trader). The opportunity of External elements is consumer that still expense in Kolpajung Traditional Market. Whereas the threat of External elements is the safety of Kolpajung Traditional Market. Be aware that positioning of Kolpajung Traditional Market in level Kuadran I, there is Growth Strategy. From the Analysis of SWOT derived with strategy S-O, there is, (1) to improve the relationship between market manager and society, (2) to add some variation product, (3) the defense the price of product with bargain between trader and seller, and (4) to increase access and development location of Kolpajung Traditional Market. To conduct cooperation between market managers local residents, a written agreement should be made. To add variety of products, traders should add their supply partnetrs. Keyword: Market, Internal Element, External Element, SWOT Diagram, and Analysis of SWOT