Detail Karya Ilmiah

  • STUDI KELAYAKAN BISNIS TERI KRISPI (STUDI KASUS DI UD. RAMADHANI PAMEKASAN MADURA)
    Penulis : St laila zaini
    Dosen Pembimbing I : Dr. Isdiana Suprapti, SP., MM
    Dosen Pembimbing II :Setiani, SP.,MP
    Abstraksi

    Madura merupakan salah satu wilayah kepulauan yang sangat berpotensial untuk melakukan penangkapan Ikan Teri salah satunya di Desa Padelegan. Penangkapan Ikan Teri di Desa Padelegan bukan hanya untuk dijual dalam keadaan mentah tetapi juga digunakan oleh warga sekitar untuk diolah menjadi camilan Teri Krispi. Desa Padelegan menjadi salah satu penghasil atau rumah industri dari pengolahan Teri Krispi. Namun berdirinya suatu usaha perlu dilakukan studi kelayakan bisnis untuk mengetahui prosepek dari usaha Teri Krispi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan studi kelayakan bisnis pada usaha Teri Krispi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kelayakan pada usaha Teri Krispi melalui aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan manajemen, aspek ekonomi dan keuangan serta analisis kriteria investasi pada usaha Teri Krispi. Metode analisis data yang digunakan aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan manajemen, aspek ekonomi dan keuangan serta analisis kriteria investasi. Hasil penelitian menunjukkan dari aspek ekonomi dan keuangan pendapatan dan R/C Ratio yang diperoleh dari usaha Teri Krispi rata-rata dalam 3 tahun sebesar Rp. 1.280.939.000 dan R/C Ratio 1,22>1. Hal ini menunjukkan bahwa usaha Teri Krispi ini menguntungkan. Namun jika dilihat dari Kriteria Analisis kelayakan ditinjau dari nilai NPV sebesar Rp. -5.412.751.804, Nilai IRR 2,16% < 5 % , nilai PI sebesar 0,18<1 dan analisis Pay Back Period selama 5 tahun 7 bulan. Dapat disimpulkan bahwa usaha Teri Krispi UD. Ramadhani tidak layak secara finansial.

    Abstraction

    Madura is one of the islands that has potential to eliminate anchovies in Padelegan Village. The catching of anchovy in padelegan village is not only for sale in very good condition but also by local people to be processed into snack called Teri Krispi. However, the establishment of a business needs to be conducted a business feasibility study to determine the prospects of the Teri Krispi business.Therefore, the researcher is interested to conduct business feasibility study on the Teri Krispi business. The purpose of this research is to know feasibility analysis on Teri Krispi business through market and marketing aspect, technical and management aspect, economic and financial aspect and also analysis of investment criteria at krispi business. Methods of data analysis used the aspects of market and marketing, technical and management aspects, economic and financial aspects as well as analysis of investment criteria. The results showed from the economic and financial aspects of income and R / C Ratio obtained from the average business Teri Krispi in 3 years of Rp. 1.183.238.000 and R / C Ratio 1.22> 1. This indicates that the business of Teri Krispi is beneficial. However, when viewed from the Feasibility Analysis Criteria in terms of NPV value of Rp. -5.412.751.804, IRR value 2.16% <5%, pi value of 0.18 <1 and Payback Period analysis for 5 years 7 months. It can be concluded that the business of Teri Krispi UD. Ramadhani is not worth financially.

Detail Jurnal