Detail Karya Ilmiah
-
PREFERENSI KONSUMEN ZULPAH BATIKPenulis : SHELLY AFINIDosen Pembimbing I : SETIANI, SP., MP.Dosen Pembimbing II :Dr. Mardiyah Hayati, SP., MP.Abstraksi
Seni kebudayaan yang masih kuat dan kental di Madura yang membuat ekspresi budaya Madura menjadi unik, khas dan berkarakter adalah batik Madura. Zulpah Batik merupakan perusahaan batik dengan jumlah produksi terbesar di Kabupaten Bangkalan, hal ini membuat Zulpah Batik harus membidik secara tepat karakteristik konsumen yang menjadi targetnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen Zulpah Batik dan menganalisis atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen Zulpah Batik. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis conjoint. Hasil penelitian yaitu karakteristik konsumen Zulpah Batik sebagai berikut: Rata-rata usia konsumen 42 tahun, yang berarti usia konsumen termasuk dalam kategori usia produktif. Status pernikahan konsumen yaitu menikah sebanyak 53,3% dari total keselurahan konsumen. Tingkat pendidikan konsumen yaitu Strata 1 (S1) sebanyak 70%. Pekerjaan konsumen yaitu PNS sebesar 50%. Pendapatan konsumen yaitu sebesar Rp 2.000.001- Rp 5.000.000 dengan presentase sebesar 56,6%. Atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam membeli di Zulpah Batik adalah harga.
AbstractionThe cultural art that still strong and sothickin Madura which makes the culture's expressionof Madura becomes unique, special and having a character is Madura's Batik. Zulpah Batik is a batik company which has the biggest number of production in Bangkalan religion, it makes Zulpah Batik must select precisely the characteristic of consumer who becomes its target. The purpose of this study is to know the consumer's characteristic of Zulpah Batik and analyze the attributes which becomethe choice of Zulpah Batik's consumer. The research method used is descriptive analysis and conjoin analysis. The result is the characteristic of Zulpah Batik's consumer, the results are following: the average of consumer's age is 42 years, it means that the consumer's age is included in productive age. The marriage status of consumer isgetting married with 53,3%from whole of the total number of consumer. The degree of consumer's education is bachelor degree with 70%. The customer's occupation is civil servant with 50%. The customer's income is Rp 2.000.001-Rp5.000.000 with the presentation in 56,6%. The most considered attribute by the customer to buy Zulpah Batik is the price.