Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Franchise (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura).Penulis : Claudia Wahyu EkalisaDosen Pembimbing I : Novi Diana Badrut Tamami, SP., MP.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik konsumen yang membeli minuman franchise, (2) untuk menganalisis atribut-atribut yang menjadi pilihan konsumen terhadap minuman franchise. Penelitian ini dilakukan pada lingkungan kampus Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan analisis konjoin. Hasil penelitian preferensi konsumen pada minuman franchise adalah berusia produktif yakni 15-64 tahun berasal dari Fakultas Pertanian mayoritas berjenis kelamin perempuan dengan sumber pendapatan sebesar < Rp. 500.000. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai rasa coklat, harga Rp. 6.000-7.000, merek Pasco, dengan menggunakan kemasan botol. Tingkat kepentingan atribut yang dipilih oleh konsumen yaitu rasa, kemasan, harga, dan merek. Kata kunci: preferensi konsumen, minuman franchise, atribut, analisis konjoin.
AbstractionThe aims of this research are (1) to observethe characteristics of the consumers’ that purchase the beverage Franchise, (2) to analyse the attributes which become the consumers’ choice in the beverage Franchise. This research in conducted in University of Trunojoyo Madura. This research uses purposive sampling and conjoins analysis. The result from the preference of consumers in beverage Franchise is in the productivity period among 15 to 64 years old from agriculture faculty and female as the majority with their income is around Rp. 500.000. The result conjoins analysis indicates thet the consumers like chocolate flavor, its price Rp. 6.000 to 7.000, Pasco brand, and uses bottle. The levels of interest in the attributes which are chosen by the consumers are flovor, packaging, price and brand. Key words: Consumers preference, Franchise, attributes, conjoins analysis.