Detail Karya Ilmiah

  • STRUKTUR, PERILAKU, DAN PENAMPILAN PASAR KOMODITI BAWANG MERAH VARIETAS MANJUNG DI KABUPATEN PAMEKASAN
    Penulis : Hasyim As' Arie
    Dosen Pembimbing I : Novi Diana Badrut Tamami, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP, Ph.D
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan menganalisis struktur, perilaku, dan penampilan pasar. Penentuan sampel dilakukan dengan metode random sampling untuk petani, dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Data primer dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar mengarah pada pasar oligopsoni karena terdapat beberapa pedagang yang membeli bawang merah manjung kepada petani dilihat dari jumlah pelaku pasar, market share, CR4, dan IHH. Berdasarkan perilaku pasar menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran, penentuan harga bawang merah manjung didominasi oleh pedagang besar, dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan adalah penjualan, pembelian, pembersihan, penyimpanan, pengangkutan, dan penyortiran. Sedangkan penampilan pasar menunjukkan bahwa pedagang besar memperoleh keuntungan paling besar karena lebih banyak melakukan fungsi-fungsi pemasaran serta memiliki kapasitas produksi yang lebih besar. Kata kunci : struktur, perilaku, penampilan pasar, bawang merah

    Abstraction

    This study aimed to analyze the structure, behavior, and appearance market. Determination of the sample was conducted using random sampling for farmers, and snowball sampling for marketing agencies. Primary data were analyzed descriptively and quantitatively. The results showed that the market structure leads to oligopsony market because there are some traders who buy onion Manjung to farmers be seen from the number of market players, market share, CR4 and IHH. Based on the behavior of the market shows that there is a 3-channel marketing, pricing onion Manjung dominated by large merchants, and marketing functions performed are selling, buying, cleaning, storage, transport and sorting. While the market performance shows that the wholesalers have benefited most as more perform marketing functions. Keywords: structure, conduct, market performance, onion

Detail Jurnal