Detail Karya Ilmiah

  • PEMASARAN SAPI POTONG DI KECAMATAN TANAH MERAH KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : ELZA SEPTIA AYU LESTARI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan menganalisis kegiatan pemasaran dengan melakukan penelitian pada struktur, perilaku, dan penampilan pasar Sapi Potong di Kecamatan Kabupaten Bangkalan. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu di Desa Dumajah. Responden Penelitian adalah 32 peternak dan 8 pedagang Sapi Potong. Penentuan sampel peternak secara purposive sampling yang intensif melakukan kegiatan jual beli berdasarkan tingkat usia, tingkat pendidikan, pengalaman beternak, dan skala kepemilikan ternak sedangkan untuk sampel pedagang secara snowball sampling. Analisis data yang digunakan untuk struktur pasar adalah analisis Pangsa Pasar (market share), CR4, Indeks Hircshman Herfindahl (IHH), hambatan masuk pasar dan tingkat pengetahuan pasar, untuk perilaku pasar dengan mengetahui saluran pemasaran, metode penentuan harga, praktek penjualan dan fungsi pemasaran sedangkan penampilan pasar dengan margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar mengarah pada pasar oligopsoni dengan konsentrasi sedang yang memiliki dua saluran pemasaran (peternak - pasar) dan (peternak – pedagang - pasar), Kegiatan pembelian tanpa timbangan (taksiran). Untuk penampilan pasar kedua saluran sudah efisien karena share > share biaya dan share yang diterima > 40% sehingga usaha Sapi Potong di Desa Dumajah Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan sudah efisien. Kata Kunci: Struktur pasar, Perilaku pasar, dan Penampilan pasar Sapi Potong.

    Abstraction

    This study aimed to analyze the marketing activities by conducting research on the structure, conduct, and perormance of Beef Cattle market in the District of Bangkalan. The research location determined by purposive sampling in the village Dumajah. Research respondents were 32 farmers and traders Cattle 8. The samples were farmers by purposive sampling intensive trading activities based on age, level of education, experience farming and cattle ownership scale merchants, while for sample snowball sampling. Analysis of the data used for market structure analysis Market Share, CR4, Index Hircshman Herfindahl (IHH), market entry barriers and the level of knowledge of the market, to market conduct by knowing channel marketing, pricing method, the practice of sales and marketing functions whereas market performance with the marketing margin and the farmer's share. The results showed that the market structure leads to oligopsony market with moderate concentration that has two marketing channels (farmers - market) and (breeder - merchants - market), purchasing activities without scales (estimated). For the performance of already efficient market for both channels share> share costs and share received> 40% so that businesses Dumajah Cattle in the village of Tanah Merah Bangkalan is efficient. Keywords: market structure, market conduct and market performance Beef Cattle.

Detail Jurnal