Detail Karya Ilmiah

  • POTRET PENGELOLAAN RETRIBUSI PASAR (STUDI KASUS PADA PASAR PAKONG)
    Penulis : AINIATIN RAMADHINA
    Dosen Pembimbing I : MUHAMMAD ASIM ASY’ARI, SE., M.Ak
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Ainiatin Ramadhina. 2017. Potret Pengelolaan Retribusi pasar (Studi Kasus pada Pasar Pakong). Dibawah bimbingan Muhammad Asim Asy’ari,SE.,M.Ak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan retribusi pasar yang ada diPasar Pakong dilihat dari aspek administrasi, aspek petugas, dan aspek pemanfaatan hasil serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelayanan dipasar pakong. Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data bersifat deskriptif analisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pasar sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari aspek administrasi dan aspek petugas yang sudah cukup baik, namun aspek pemanfaatan hasil masih belum optimal hal ini dilihat dari pemanfaatan hasil yang tidak sesuai. Faktor pendukung dalam memberikan pelayanan yang baik yaitu adanya sanksi yang tegas apabila petugas dan pedagang melakukan pelanggaran. Petugas yang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya. Faktor penghambat yang dihadapi masih adanya pedagang yang kurang sadar untuk membayar retribusi, masih banyaknya pkl dan pedagang liar yang tidak memiliki izin, keterbatasan dana yang mengakibatkan sarana dan prasarana yang ada dipasar sangat minim. Kata Kunci : Pengelolaan Retribusi Pasar, Pelayanan Publik

    Abstraction

    ABSTRACT Ainiatin Ramadhina. 2017. Portrait of Market Levy Management (Case Study on Pakong Market). Under the guidance of Muhammad Asim Asy'ari, SE., M.Ak. The purpose of this research is to know the market retribution management that exist in Pakong Market seen from the aspect of administration, officer aspect, and the utilization aspect of the result and to know the factors that support and inhibit service in pakong market. In this final project the author uses descriptive qualitative method. Sources of data in this study are informants and documents. Data collection methods used were interviews and documentation. Methods of data analysis are descriptive analysis with the stage of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that the management of market retribution has been running quite well, it can be seen from the aspect of administration and aspects of officers that have been good enough, but the utilization aspect of the results is still not optimal this is seen from the utilization of unsuitable results. Supporting factors in providing good service is the existence of strict sanctions if the officers and traders violate. The officer responsible for carrying out his duties. The inhibiting factor is the presence of less-conscious traders to pay retribution, the number of illegal pkl and traders who do not have permits, the limited funds that result in the facilities and infrastructure that exist in the market is very minimal. Keywords: Market Retribution Management, Public Service

Detail Jurnal