Detail Karya Ilmiah

  • Potret Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Administrasi Kependudukan
    Penulis : M. Wafir Maulana
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Asim Asy'ari, S.E.,M.Ak
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK M. Wafir Maulana, Potret Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Admistrasi Kependudukan. Dibawah bimbingan Muhammad Asyim Asy’ari, S.E., M.Ak. Standar Pelayanan menjadi salah satu tolak ukur kualitas kinerja yang dibakukan dalam penyelenggaraan publik yang wajib ditaati oleh pemberi atau penerima layanan.Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai suatu petunjuk organisasi yang menetapkan suatu tindakan baku. SOP berisi petunjuk yang menjelaskan cara yang diharapkan dan diperlukan oleh pekerja/petugas dalam melakukan/menyelenggarakan pekerjaan mereka. Dalam pemerintahan, penerapan SOP merupakan sebuah keharusan dengan dikeluarkan Peraturan Mentri Pemerintah dan Aparatur Negara Nomor 35 tahun 2012. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Administrasi Kependudukan di Kecamatan Jrengik. Pada tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Proses dari teknik pengumpulan data dari tugas akhir ini dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Simpulan dari tugas akhir ini yaitu Pelaksanaan penerapan standar operasional prosedur dalam administrasi kependudukan di Kecamatan Jrengik sudah sesuai dengan aturan-aturan yang di tentukan yaitu kebijakan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik Kecamatan Jrengik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa kendala yang menghambat terhadap proses pelaksanaan penerapan SOP Kecamatan Jrengik. Adapun kendala yang ada seperti kurangnya berkas pemohon, koneksi internet yang eror serta listrik yang padam. Kata Kunci : SOP, Administrasi Kependudukan, Kendala.

    Abstraction

    ABSTRACT M. Wafir Maulana, Portrait of Implementation standard operating procedur in population administratation. Under the guidance of Muhammad Asyim Asy’ari, S.E., M.Ak. Servise standard is one of benchmark performance quality which is standardized in public administration which must be obeyed by giver or servise recipient. Standard Operating Procedures (SOP) is an organization guide which prescribe the default action. SOP contains instruction that explains the way expected and needed by workers/officers in doing/organizing their work. In goverment, implementation of SOP is a must with the issuance of goverment ministerial regulations and state apparatus number 35 in 2012 The purpose of this thesis is to know impementation of operational standars of public service procedures in population administration in the district of jrengik. In this thesis, writer is using a qualitative descriptive approach with primary and secondary data sources. The process of data collection techniques from this thesis are by observasion, interview, and documentations. Conclution of this thesis is implementation of standard operating procedures in population administration in the district of jrengik already appropriate with the rules specified namely standard operating policies of public service procedures in the district of jrengik. But in the implementation there are still some obstacles which inhibits the implementation process of SOP implementation in the district of jrengik. As for the existing constraints such as lack of applicant rice, internet connection error and power outages Keywords : Standard Operating Procedures (SOP), population administration, obstacles

Detail Jurnal