Detail Karya Ilmiah

  • HARGA JUAL MANDEBAH DAN BELAS KASIH PEDAGANG KETURUNAN ARAB DI KAMPUNG WISATA RELIGI SUNAN AMPEL
    Penulis : RIFAATUL MAHMUDAH
    Dosen Pembimbing I : Achdiar Redy Setiawan, S.E., MSA., Ak., CA
    Dosen Pembimbing II :Anita Carolina, S.E., MbusAdv., Ak., QIA., CA
    Abstraksi

    ABSTRAK Rifaatul Mahmudah, Harga Jual Mandebah dan Belas Kasih Pedagang Keturunan Arab di Kampung Wisata Religi Sunan Ampel. Di bawah bimbingan Achdiar Redy Setiawan, S.E., MSA., Ak., CA dan Anita Carolina, S.E., MbusAdv., Ak., QIA., CA. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap praktik penentuan harga jual pada usaha dagang di Kampung Arab. Untuk menemukan jawaban, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi dalam proses analisis data. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mengungkap kesadaran “Aku” pada pedagang Arab. Pada penelitian ini pemilihan informan yaitu informan utama dan informan pendukung. Situs penelitian ini dilakukan di tempat usaha yaitu di wilayah Ampel Suci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada praktik penentuan harga jual memiliki persamaan konsep dengan teori yaitu harga ditentukan dari harga perolehan ditambah kenaikan yang diinginkan atau mark up. Namun ada pula perbedaannya, pemilik usaha memiliki beberapa pertimbangan sehingga perlakuan harga yang diberikan kepada pembeli berbeda-beda. Setelah mencari tahu lebih dalam maka dapat diketahui bahwa setelah menentukan mark up dan beberapa pertimbangan terdapat praktik harga jual mandebah yang terwujud karena pembeli tidak mengetahui harga pasar. Sehingga pemilik toko memberikan harga lebih tinggi dari biasanya. Namun dilain sisi ada beberapa nilai yang terkandung yaitu adanya ikatan sosial maka akan diberikan potongan harga. Selain itu adanya rasa kasihan sehingga pembeli yang beli untuk dijual lagi juga mendapat potongan harga. Dibalik rasa kasihan juga ada maksud lain dari pemilik usaha yaitu supaya pembeli tersebut kembali lagi ke toko untuk berbelanja. Kata kunci: Harga Jual, Fenomenologi, Mandebah, Kasihan

    Abstraction

    ABSTRACT Rifaatul Mahmudah, Selling Prices for Mandebah and Compassion of Arabian Traders in Sunan Ampel Religious Tourism Village. Under the guidance of Achdiar Redy Setiawan, S.E., MSA., Ak., CA and Anita Carolina, S.E., MbusAdv., Ak., QIA., CA. This study pursues to reveal the practice of determining selling price of trading businesses in Arab Village. To find answers, this study uses qualitative methods and phenomenological approaches in the data analysis process. The phenomenological approach is used to reveal "I" consciousness to Arab traders. In this study the selection of informants is the main informant and supporting informants. This research site was carried out at a business place in the region of Ampel Suci. The results of this study indicate that the selling price practice has the same concept with the theory which the price is determined from the acquisition price plus the desired increase or mark up. But there are also differences, business owners have several considerations so that the treatment of prices given to buyers varies. After finding out more, it can be seen that after determining the mark up and some considerations, there is a practice of selling the mandebah price which is realized because the buyer does not know the market price. So the shop owner gives a higher price than usual. But on the other hand there are several values contained, namely the existence of a social bond, then a discount will be given. Besides that, there is a sense of pity so buyers who buy to sell again also get a discount. Behind the feeling of pity there is also another purpose of the business owner, hopes that the buyer returns to the shop for shopping. Keywords: Selling Price, Phenomenology, Mandebah, Poor

Detail Jurnal