Detail Karya Ilmiah
-
pengaruh Pendidikan Etika Terhadap Persepsi etis Mahsiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Se-Madura)Penulis : yevi Vidya RachmawatyDosen Pembimbing I : Junaidi, S.E., M.si.,Ak., CADosen Pembimbing II :Dr. Rita Yuliana, S.E.,MSA.,Ak.,CAAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi terkait pemahaman mereka terhadap kasus pelanggaran etika baik yang dilakukan di dunia profesi maupun bisnis. Penelitian ini menguji pengaruh Pendidikan Etika, Religiusitas dan Sikap Love of Money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini dilakukan di 4 Universitas yang ada dipulau Madura yaitu Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Islam Madura, Universitas Madura dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di 4 Universitas tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa kuisioer. Sampel dalam penelitian ini adalah 134 mahasiswa akuntansi angkatan 2014 – 2017 dengan kreteria sudah menempuh matakuliah etika bisnis dan yang belum menempuh matakuliah etika bisnis. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Etika tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi berbeda halnya dengan Religiusitas dan Love of Money yang memiliki pengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. serta variabel kontrol yaitu gender dalam penelitian ini juga tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Ketiga variabel mempunyai koefisien determinasi sebesar 0,117 yang berarti 11,7% perubahan variabel persepsi etis dapat dijelaskan oleh variabel Pendidikan Etika, Religiusitas, Love of Money dan Gender. Sedangkan sisanya 88,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Pendidikan Etika, Religiusitas, Love of Money dan Persepsi Etis
AbstractionABSTRACT . Research conducted to find out, students, accounting, and others. Things done in the professional and business world. This research relates to Ethics Education, Religiosity and Love Money Attitudes towards the ethical perceptions of Accounting students. This research was conducted in 4 universities in the Madurese island namely Trunojoyo Madura University, Madura Islamic University, Madura University and Pamekasan State Islamic College. Subjects in this study were students at 4 universities. The method used in this research is quantitative method. Data collection was carried out through quisioer research instruments. The sample in this study is 134 students of the 2014-2017 class with criteria that have taken business ethics courses and those who have not taken business ethics courses. Ineffective data analysis method is multiple regression. The results showed that Ethics Education did not affect the ethical perceptions of accounting students in contrast to Religiosity and Money Love which had an influence on students' ethical perceptions. Likewise, the control variables namely gender in this study also did not have an influence on the ethical perceptions of accounting students. The three variables have a coefficient of determination of 0.117 which means 11.7% of the perception variables and can be issued by the variables of Ethics Education, Religiosity, Love of Money and Gender. The remaining 88.3%. Variables that were not examined in this study. Keywords: Education Ethics, Religiosity, Love of Money and Ethical Perceptions