Detail Karya Ilmiah
-
MENELUSURI NILAI KEMANUSIAAN DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PADA PEDAGANG NASI KUNING DAN NASI PECELPenulis : ANGGIA TRY AGUSTINEDosen Pembimbing I : ROBIATUL AULIYAH,S.E.,MSA.Dosen Pembimbing II :ACHDIAR REDY SETIAWAN,S.E.,MSA.,AK.,CAAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai kemanusiaan dalam menetapkan harga jual produk nasi kuning dan nasi pecel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berfokus pada pemilik usaha dan pelanggannya. Situs penelitian ini dilakukan ditempat usaha desa purwojati kabupaten mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menetapkan harga jual pemilik usaha tidak memasukkan biaya tenaga kerja serta memahami konsumen dalam mematok harga produk. Terdapat nilai kemanusiaan dalam menetapkan harga jual produk yaitu ungkap perhatian ke pelanggan dan tidak mempehitungkan untung atau rugi yang didapat. Key Words : Fenomenologi, Harga Jual dan Nilai Kemanusiaan
AbstractionThis research aims to reveal human values in setting the selling price of yellow rice and pecel rice. This study uses qualitative methods with a phenomenological approach. The informants in this study focused on business owners and their customers. This research site was conducted at the place of business in Purwojati village, Mojokerto regency. The results of the study indicate that in setting the selling price the business owner does not include labor costs and understands consumers in fixing the price of the product. There is a human value in setting the selling price of the product, that is attention to customers and don’t take into profit or loss earned. Key Words : Phenomenology, selling Price dan Human Values