Detail Karya Ilmiah

  • CITRA MEREK DAN MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI PAYTREN UNTUK PEMBAYARAN TAGIHAN ONLINE (STUDI PADA PEMBAYARAN LISTRIK, TELEPON, ANGSURAN KREDIT KENDARAAN, DAN INTERNET PADA MASYARAKAT BANGKALAN)
    Penulis : ABD MUQTADIR
    Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif,MSI
    Dosen Pembimbing II :Dr. A. Yahya Suryawinata, S.E.,M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Abd Muqtadir, Citra Merek dan Minat Menggunakan Paytren Untuk Pembayaran Tagihan Online (Studi pada Pembayaran Listrik, Telepon, Angsuran Kredit Kendaraan dan Internet Pada Masyarakat Bangkalan). Dibawah bimbingan H. Muh. Syarif dan A. Yahya Surya Winata. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek yang meliputi citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk terhadap minat menggunakan aplikasi PayTren untuk pembayaran tagihan online. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Bangkalan dengan tekhnik purposive sampling dengan jumlah sampel 75 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t serta menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari responden yang pernah datang ke seminar atau pernah di prospek mitra PayTren. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk dalam kategori baik dan masyarakat Bangkalan berminat menggunakan aplikasi PayTren. Variabel citra pemakai tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi PayTren. Sedangkan variabel citra perusahaan dan citra produk berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi PayTren. Kata Kunci: Citra merek, Citra perusahaan, Citra pemakai, Citra produk, dan minat beli

    Abstraction

    xii ABSTRACT Abd Muqtadir, Brand Image and Interest in Using Paytren for Online Bill Payments (Study of Payments for Electricity, Telephone, Installments of Vehicle Loans and the Internet in the Bangkalan Community). Under the guidance of H. Muh. Syarif and A. Yahya Surya Winata. This research was conducted with the aim to determine the effect of brand image which includes corporate image, user image and product image of interest in using the PayTren application for online bill payments. The population in this study is the Bangkalan community with purposive sampling technique with a sample of 75 respondents. The analysis used is multiple linear regression analysis using the t test and using descriptive analysis. This study uses primary data. The data used in this study was obtained directly from respondents who had come to the seminar or had been in the prospect of PayTren partners. The results of this study indicate that brand image consisting of company image, user image and product image are in good category and Bangkalan people are interested in using the PayTren application. User image variables have no significant effect on interest in using the PayTren application. While the variable corporate image and product image have a significant effect on interest in using the PayTren application. Keywords: Brand Image, company image, user image, product image, buying interest

Detail Jurnal