Detail Karya Ilmiah
-
PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI “SAMPER” BATIK MADURA (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT DESA SUKOLILO BARAT, LABANG, BANGKALAN)Penulis : EKO WAHYUDIDosen Pembimbing I : Dr. Drs. H. Pribanus Wantara, M.MDosen Pembimbing II :Yudhi Prasetya Mada, S.E., M.MAbstraksi
ABSTRAK Eko Wahyudi, 140211100143. PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI “SAMPER” BATIK MADURA (Studi Kualitatif Deskriptif pada Masyarakat Desa Sukolilo Barat, Labang, Bangkalan) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli “Samper” Batik Madura di Desa Sukolilo Barat, Labang, Bangkalan. Pengambilan subjek penelitian atau informan yaitu memilih konsumen “Samper” Batik Madura, dengan kriteria : 1) Konsumen “Samper” Batik Madura yang belum menikah, 2) Konsumen “Samper” Batik Madura yang sudah menikah, 3) Konsumen “Samper” Batik Madura yang sudah lanjut usia. Konsumen tersebut dinilai sudah cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah. Kriteria informan yang dipilih sebanyak enam orang yang berusia dan berstatus berbeda, hal itu dimaksudkan agar informan mempunyai sudut pandang yang berbeda berdasarkan pengalaman, atau yang lainnya serta memiliki keunikan tersendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, serta pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah ketekunan dalam pengamatan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, di dapatkan bahwa menurut informan, perilaku konsumen dalam membeli dan mengonsumsi “Samper” Batik Madura di Desa Sukolilo Barat, Labang, Bangkalan, ada beberapa faktor internal yang berperan yaitu: 1) Gaya hidup, 2) Keadaan ekonomi, sedangkan faktor internal yang tidak mempengaruhi terdiri dari: 1) Usia, 2) Pendidikan, 3) Pekerjaan. Selain itu, ditemukan bahwa perilaku konsumen dalam membeli dan mengonsumsi “Samper” Batik Madura juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu: 1) Budaya, 2) Kelompok Referensi, 3) Keluarga, 4) Harga produk, 5) Kualitas produk. Sedangkan faktor eksternal yang tidak mempengaruhi yaitu: 1) Status Sosial, 2) Peran dan status. Kata kunci: perilaku konsumen, faktor internal, faktor eksternal, keputusan pembelian.
AbstractionABSTRACT Eko Wahyudi, 140211100143. Consumers Behavior in Buying “Samper” Batik Madura (Descriptive Qualitative Studies on the Community of West Sukolilo Village, Labang, Bangkalan) The aims of this research to know the consumer behavior in buying "Samper" Batik Madura in West Sukolilo Village, Labang, Bangkalan.The subject taking of research or informant that is selecting consumer “Samper” Batik Madura, with criterian: 1) Consumer "Samper" Batik Madura unmarried, 2) Consumer "Samper" Batik Madura who is married, 3) Consumer "Samper" Batik Madura who is elderly. Consumers are considered sufficient to provide opinions and statements that do not change. Criteria of informants selected as many as six people of different ages and status, it is intended that informants have different perspectives based on experience, or others and has its own uniqueness. Data collection techniques used were interviews, observation, field notes, and documentation. Analytical techniques used are qualitative descriptive, and examination of the validity of data used is persistence in observation, triangulation, and using reference materials. Based on the results of the research, it was found that according to informants, consumer behavior in buying and consuming "Samper" Batik Madura in West Sukolilo Village, Labang, Bangkalan, found some internal factors that play a role: 1) Lifestyle, 2) The state of the economy, while the internal factors that do not stem consists of: 1) Age, 2) Education, 3) Employment. In addition, there are some roles of external factors to consumer behavior in buying and consuming "Samper" Batik Madura: 1) Culture, 2) Reference Group, 3) Family, 4) Product price, 5) Product quality. While external factors that do not apply a role, namely: 1) Social Status, 2) Roles and status. Keywords: consumer behavior, internal factors, external factors, purchasing decisions.