Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Ach Zahid, Minat Generasi Milenial dalam menentukan pilihan politik atas dasar Branding Personality Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019 (Studi Terhadap Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura), di Bawah bimbingan Bapak Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., M.M. dan Drs Ec Mudji Kuswinarno. M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Personal branding pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019 dan pengaruhnya terhadap minat generasi milenial untuk memilih calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum 2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan interview serta penelitan pustaka (Dokumentasi). Informan dalam penelitian ini adalah generasi milenial yakni mahasiswa aktif manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan transferability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat personal branding yang berbeda-beda dari masing-masing pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang terdiri dari Pasangan calon nomor Urut 01 bapak Joko Widodo yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno, kedua pasangan Calon menjalankan delapan konsep utama personal branding yang dikembangkan oleh Montoya. Dari personal branding tersebut semuanya mempengaruhi minat generasi milenial dalam memilih calon presiden dan wakil presiden 2019. Adapun minat yang terdapat pada generasi milenial terdapat empat macam, yakni minat memilih, minat preferensial, minat referensial, dan minat eksploratif. Sedangkan tahapan untuk menggambarkan Proses Minat generasi milenial dalam memilih adalah dengan ALIDA (Attention, Like, Interest, Desire, Action). Kata kunci : Personal Branding, Generasi Milenial, Minat.

    Abstraction

    ABSTRACT Ach Zahid, Millennial Generation Interest in Determining Politic Choices based on Branding Personality of President and Vice-President Candidate Pairs of Republic Indonesia in 2019. (A Study to management Students at the Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura). Supervised by Dr. Drs. H. Pribanus Wantara, MM and Drs. Ec Mudji Kuswinarno, M.Si. This study found out Personal branding of President and Vice-President Candidate pairs of Republic Indonesia 2019 and its influence to the generation interest in electing president and vice-president of Republic Indonesia 2019. This descriptive qualitative research used observation, interview, and literature study as techniques of collecting data. Informants of this research were active management students of Management at Economics and Business Faculty of University Trunojoyo Madura. Techniques of analyzing data were data reduction, presentation, and verification. Validity test used triangulation of source and Tranferability. The findings showed there was different personal brandings of the candidate pairs consisting of 01 Candidate pair – Joko Widodo and KH. Ma’ruf Amin, and 02 Candidate pair – Prabowo Subianto and Sandiaga Uno. Both of the candidate pairs had eight personal branding concepts which were developed from their mottos. Those personal brandings influenced the generation interest in electing them. There were four types of interest: selective interest, preferential interest, referential interest, and explorative interest. While the steps to describe the interest of millenials in selecting Presidential candidates dan vice presidents 2019 are with ALIDA (Attention, Like, Interest, Desire, Action). Keywords: Personal Branding, Millennial Generation, Interest

Detail Jurnal