Detail Karya Ilmiah

  • PERAN PEMIMPIN DAN PENERAPAN KEPEMIMPINAN ISLAMI DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PADA YAYASAN BANI HASYIM SINGOSARI-MALANG
    Penulis : ISKANDAR EKA ASMUNI
    Dosen Pembimbing I : Dra. Hj.S. Anugrahini Irawati, MM
    Dosen Pembimbing II :Helmi Buyung Aulia Safrizal, ST.,SE.,MMT
    Abstraksi

    ABSTRAK Manusia sejatinya adalah sebagai seorang pemimpin, baik terhadap dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun organisasi atau lembaga yang sedang dipimpinnya. Terlebih lagi jika organisasi atau lembaga yang dipimpin berbasis islam, maka kepemimpinan yang digunakan harus menggunakan kepemimpinan islami, yang disandarkan kepada Al-Quran dan Hadist agar dapat mencapai Visi Misi yang sudah dibuat oleh Organisasi atau lembaga. Penelitian ini akan membahas sejauh mana peran pemimpin dan penerapan kepemimpinan islami pada lembaga pendidikan islam. Penelitian ini dilakukan pada lembaga pendidikan islam Bani Hasyim yang bertempat di Singosari-Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana peran pemimpin dan penerapan kepemimpinan islami pada lembaga tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Metode dipilih dengan alasan agar penelitian dapat dilakukan secara lebih fokus dan mendalam untuk mengetahui peran pemimpin dan penerapan kepemimpinan pada lembaga pendidikan islam Bani Hasyim Singosari-Malang. Hasil penelitian menujukkan secara garis besar bahwa nilai-nilai islam diterapkan dan selalu dipertahankan dalam kepemimpinan jajaran pimpinan, yaitu direktur pendidikan dan kepala sekolah tiap jenjang. Nilai kepemimpinan islami seperti siddiq, amanah, tabligh dan fatonah sudah diterapkan pada perannya sebagai pemimpin yaitu sebagai panutan, perintis, pnyelaras dan pemberdaya. Kata kunci : Kepemimpinan, Peran Pemimpin, Kepemimpinan islami, Nilai-nilai islam, Kualitatif, Bani Hasyim.

    Abstraction

    ABSTRACT Man is truly a leader, both for himself, his family, society and the organization or institution he is leading. Moreover, if an organization or institution is led based on Islam, then the leadership used must use Islamic leadership, which is based on the Koran and Hadith in order to achieve the Vision and Mission that has been created by the Organization or institution. This study will discuss the extent of the role of leaders and the application of Islamic leadership to Islamic education institutions. This research was conducted at the Bani Hasyim Islamic educational institution located in Singosari-Malang. The purpose of this study to examine how the role of the leader and the application of Islamic leadership to the institution. The method used is a qualitative research method with a case study approach. Data collection is done by observation, interviews and documentation. The method was chosen with the reason that the research could be carried out more focused and in-depth to find out the role of the leader and the application of leadership to the Bani Hasyim Singosari-Malang Islamic educational institution. The results of the study show in general that Islamic values are applied and always maintained in the leadership of the leadership ranks, namely the education director and the head of the school every level. The values of Islamic leadership such as siddiq, trust, tabligh and fatonah have been applied to their role as leaders, namely as role models, pioneers, pnyelaras and empowerers. Keywords: Leadership, Role of Leaders, Islamic Leadership, Islamic Values, Qualitative, Bani Hasyim.

Detail Jurnal