Detail Karya Ilmiah

  • STUDI PADA WANITA YANG MELAKUKAN PEMBELIAN PRODUK APPAREL MELALUI ONLINE SHOP DI INSTAGRAM
    Penulis : Aditya Willy Santika
    Dosen Pembimbing I : Yustina Chrismardani, SSi., M.M
    Dosen Pembimbing II :Yudhi Prasetya Mada, SE., M.M
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa wanita menggunakan media sosial Instagram untuk melakukan belanja produk sandang (apparel) secara online dan bagaimana perilaku konsumen wanita saat melakukan aktivitas belanja online di media sosial Instagram. Meningkatnya perkembangan internet di Indonesia mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia dari cara konvensional menjadi cara online. Dengan adanya e-commerce, perilaku konsumtif pada konsumen wanita meningkat dalam hal apparel. Media sosial Instagram banyak digunakan wanita untuk melakukan aktivitas belanja online. Namun media sosial Instagram tidak menawarkan fitur keamanan jual beli seperti di situs web maupun marketplace. Penelitian ini mengacu kepada teori proses keputusan pembelian yang diungkapkan oleh Kotler dan Armstrong (2018) yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Pengumpulan data diambil dengan wawancara semi terstruktur terhadap tiga partisipan wanita yang pernah melakukan belanja online di media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan penggunaan media Instagram untuk platform belanja online adalah kemudahan dalam penggunaan serta keragaman produk yang tersedia melalui berbagai sumber. Kepercayaan menjadi faktor dalam melakukan keputusan pembelian berupa metode transfer langsung. Kata kunci : e-commerce, Instagram, keputusan pembelian

    Abstraction

    The purpose of this research is to find out why women use Instagram to shop apparel online and to find out how female consumers behave when shopping online on Instagram. The growth of the Internet in Indonesia change the Indonesian consumer way of shopping from conventional way to online way. With the existence of e-commerce, consumer’s consumptive behavior especially on women increased on apparel products. Many women uses Instagram to do online shopping activity. But Instagram doesn’t have any online shopping security like in websites and marketplace. This research refers to the theory of the purchasing decision process revealed by Kotler and Armstrong (2018) i.e. need recognition, information research, alternative evaluation, buying decision, and post-purchase behavior. This research uses method of qualitative with single case study approach. Data collection was taken with semi-structured interviews with three female participants who had done online shopping on Instagram. The results of this research indicate that the reason for using Instagram for online shopping platforms is the ease of use and diversity of products available through various sources. Trust is a factor in making a purchase decision in the form of a direct transfer method. Keyword : e-commerce, Instagram, purchase decision

Detail Jurnal