Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN GAYA KEPEMIMPINAN PENGURUS ASRAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ASRAMA PUTRA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
    Penulis : PRIYO SETYO UTOMO
    Dosen Pembimbing I : Drs.Ec.Mudji Kusniwarno, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Kepemimpinan Pengurus Asrama Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Studi Pada Mahasiswa Asrama Putra Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Mahasiswa Asrama Putra Universitas Trunojoyo Madura, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap Mahasiswa Asrama Putra Universitas Trunojoyo Madura, (3) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan gaya kepemimpinan terhadap motivasi belajar Mahasiswa Asrama Putra Universitas Trunojoyo Madura, dan (4) Untuk mengetahui apakah variabel fasilitas belajar berpengaruh dominan terhadap motivasi belajar Mahasiswa Asrama Putra Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 72 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Hipotesis pada penelitian ini adalah: (1) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, (2) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, (3) fasilitas belajar dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, (4) fasilitas belajar berpengaruh dominan terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 4,283 + 0,248X1 + 0,286X2 + e. Uji F yang diperoleh Fhitung = 170.936, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = 7.573, sehingga H1 diterima. Variabel motivasi belajar (X2) diperoleh thitung= 7.110, sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajardan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 82,7%. Fasilitas belajar berpengaruh dominan terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai beta sebesar 0.513, sehingga H1 diterima. Kata Kunci: fasilitas belajar, gaya kepemimpinan, motivasi belajar

    Abstraction

    ABSTRACT This research entitled Influence of Learning Facility And Style of Leadership Board of Dormitory In Improving Motivation Learning Study On Student Dormitory of Trunojoyo University of Madura. The aims of this study are to know (1) the effect of learning facilities on learning motivation, (2) the effect of leadership style on learning motivation, (3) the effect of learning facilities and leadership style on learning motivation simultaneously, and (4) whether the dominant variable effect on learning motivation. This research used quantitative method. The number of samples in the study were 72 students and used Sample Random Sampling techniques. Hypothesis in this study are: (1) learning facility has positive and significant effect on learning motivation, (2) leadership style has positive and significant effect on learning motivation, (3) learning facility and leadership style have positive and significant effect on learning motivation, (4) ) learning facilities is a dominant variable that effect on learning motivation. Using the multiple linear regression analysis, the result showed that learning facilities and leadership style have positive and significant effect on learning motivation as number as 82.7%. Then, learning facilities is a dominant effect on student learning motivation with beta value of 0,513. Keywords: learning facilities, leadership style, learning motivation

Detail Jurnal