Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MANAJEMEN DIRI DAN MOTIVASI EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : Handriyani
    Dosen Pembimbing I : Dr. RM. Moch. Wispandono, SE., MS
    Dosen Pembimbing II :Dr. H. M. Alkirom Wildan, SE., MSi
    Abstraksi

    ABSTRAK Prestasi belajar merupakan suatu tolak ukur bagi mahasiswa dalam menentukan berhasilnya proses belajar dalam jenjang perkuliahan. Dalam tujuan meningkatkan nilai Prestasi belajar mahasiswa harus selaras dengan seluruh faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yakni dengan penerapan Manajemen diri dan Motivasi Eksternal. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui apakah manajemen diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. (2) Untuk mengetahui apakah motivasi eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. (3) Untuk mengetahui apakah manajemen diri dan motivasi eksternal secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. (4) Untuk mengetahui variabel manakah di antara manajemen diri dan motivasi eksternal berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Populasi 541 responden dan sampel berjumlah 85 responden. Penelitian ini menggunakan Metode Cluster Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan uji statistik, ditemukan bahwa variabel independen (Manajemen diri dan Motivasi Eksternal) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen (Prestasi Belajar). Hal ini dapat dilihat dengan nilai koefisien regresi (B) variabel Manajemen diri sebesar 0.385, sedangkan nilai koefisien regresi (B) variabel Motivasi Eksternal sebesar 0.226. Secara bersama-sama atau simultan variabel independen (Manajemen diri dan Motivasi Eksternal) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Prestasi Belajar) dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 120.057 lebih besar dari Ftabel 2,15 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,1. Sedangkan variabel yang dominan sebagai berikut, variabel Manajemen diri (X1) sebesar 0,562. Kata kunci: Manajemen diri, Motivasi eksternal, prestasi belajar.

    Abstraction

    ABSTRACK Learning achievement is a benchmark for students in determining the success of learning process in lecture. In the purpose of increasing the value of student learning achievement, it must be aligned with all the factors that influence it, one of them is with the implementation of Self-Management and External Motivation. The objectives of the study (1) To know whether self-management has a positive and significant effect on learning achievement on the students of Faculty of Economics and Business University of Trunojoyo Madura. (2) To know whether external motivation has a positive and significant effect on learning achievement on the students of Faculty of Economics and Business University of Trunojoyo Madura. (3) To know self-management and external motivation simultaneously have a positive and significant effect on student learning achievement of Faculty of Economics and Business University of Trunojoyo Madura. (4) To know which variable among selfmanagement and external motivation has dominant effect on learning achievement on the students of Faculty of Economics and Business University of Trunojoyo Madura. The population is 541 respondents and the sample is amounted to 85 respondents. This study uses Cluster Sampling Method. The analysis technique that used is multiple linear regression. Based on statistical test, it is found that independent variables (Self-Management and External Motivation) have a positive and significant effect on dependent variable (Learning Achievement). It can be seen with regression coefficient value (B) of Self-Management variable that is 0.385, while regression coefficient value (B) of External Motivation is 0.226. Simultaneously, independent variables (Self-Management and External Motivation) have significant effect on dependent variable (Learning Achievement) which can be seen from the value of Fcount that is 120.057 greater than Ftable that is 2.15 with a significance level of 0,000 < 0,1. Moreover, the dominant variable is Self-Management (X1) of 0.562. Keywords: Self-Management, External Motivation, Learning Achievement

Detail Jurnal