Detail Karya Ilmiah
-
Strategi Pemasaran Pada UMKM Tahu Sumber Sari Di Kabupaten LamonganPenulis : Mohammad Bayu Aji YudhistiraDosen Pembimbing I : Hadi Purnomo, SE., MMDosen Pembimbing II :Yustina Chrismardani, SSi., MMAbstraksi
ABSTRAK Mohammad Bayu Aji Yudhistira, Strategi Pemasaran Pada UMKM Tahu Sumber Sari Di Kabupaten Lamongan. Dibawah bimbingan Bapak Hadi Purnomo, SE., MM dan Yustina Chrismardani, SSi., MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guna meningkatkan volume penjualan pada UMKMtahu Sumber Sari di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dilakukan di Desa Kandangrejo, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan dan dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan analisis SWOT sebagai alat untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah tabel IFAS dan EFAS diketahui bahwa skor untuk faktor strategis internal sebesar 2,7, sedangkan skor total untuk faktor eksternal sebesar 2,89. Hal ini memberikan arti bahwa UMKM tahu Sumber Sari mempunyai peluang untuk tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang dengan melakukan antisipasi terhadap ancaman seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dan untuk IE Matrik berada pada kuadran V ini berarti UMKM tahu Sumber Sari seharusnya menerapkan strategi stabilitas. Untuk meningkatkan keuntungan maka UMKM tahu Sumber Sari di Kabupaten Lamongan harus melakukan promosi, selain itu UMKM tahu Sumber Sari di Kabupaten Lamongan harus menerapkan :1). Strategi Diferensiasi (Differentation), 2). Strategi Pengembangan Pasar (Market development), Kata kunci : Strategi Pemasaran, analisa lingkungan Internal dan eksternal, analisis SWOT
AbstractionABSTRACT Mohammad Bayu Aji Yudhistira, Marketing Strategy on UMKMtahu Sumber Sari in the District Lamongan. under the guidance of Mr. Hadi Purnomo, Se., MM and Yustina Chrismardani, SSI., MM. This study aims to know the strategies to improve sales volume on UMKM tahu Sumber Sari in the District Lamongan. this research was conducted in the village Kandangrejo, District Kedungpring, the District Lamongan and in analyze the data obtained, author of use SWOT analysis as a means to get a result of this research Results of this research is table ifas and efas known that score for factor strategic internal of 2,7, while the total score for external factors of 2,89. To give meaning that UMKM tahu Sumber Sari have the opportunity to grow in the future by doing anticipation of threat along with the growth and development happened and IE matrix is at quadrant V this means UMKM tahu Sumber Sari should implement strategies stability. to increase the benefit then UMKM tahu Sumber Sari in the district Lamongan have to do promotion, in addition UMKM tahu Sumber Sari in the District Lamongan should apply: 1). Differentiation Strategy (Differentation), 2). Strategy Market Development (Market Development), Keywords : Marketing strategy, Internal and External environment, SWOT analysis