Detail Karya Ilmiah

  • KOMPETENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA (Studi Pada Guru SMK Negeri 2 Bangkalan)
    Penulis : YULIANA SUJAYANTI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., MM
    Dosen Pembimbing II :Drs. Ec. Mudji Kuswinarno., M.Si
    Abstraksi

    Yuliana Sujayanti, Kompetensi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja (Studi Pada Guru SMK Negeri 2 Bangkalan). Dibawah bimbingan Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., MM dan Drs. Ec. Mudji Kuswinarno., M.Si Kompetensi dan motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru. Dalam melaksanakan pekerjaan, guru sering mengalami permasalahan dalam mengajar. Kompetensi dan motivasi berprestasi guru yang rendah berdampak kurang baik sehingga kinerjanya kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan variabel bebas kompetensi dan motivasi berprestasi terhadap variabel terikat yaitu kinerja guru SMK Negeri 2 Bangkalan, serta untuk mengetahui manakah diantara kedua variabel tersebut yang berpengaruh secara dominan terhadap variabel terikatnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mana populasinya adalah seluruh guru SMK Negeri 2 Bangkalan yang berjumlah 106 guru. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 responden melalui rumus slovin. Data diperoleh dari proses wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS untuk menjawab hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel kompetensi dan motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai variabel kompetensi sebesar 0,471, variabel motivasi berprestasi sebesar 0,461 dan secara simultan variabel kompetensi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru dengan nilai R square sebesar 0,749 dan Fhitung sebesar 124,513. Kata kunci: kompetensi, motivasi berprestasi, kinerja guru

    Abstraction

    Yuliana Sujayanti, Competencey and Achievement Motivation on Performance (Study on Teachers of SMK Negeri 2 Bangkalan). Under the advisor of Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., MM and Drs. Ec. Mudji Kuswinarno., M.Si Competency and achievement motivation are factors that can effect teachers performance. Doing the duties, they often meet the problems. Competency and low achievement motivation will bad effect on performance. The aims of this study are to determine the effect of competency and achievement motivation on teachers performance partially and simultaneously, and to determine which both variables that effect on performance dominantly. This study used quantitative method that the population is all teachers of SMK Negeri 2 Bangkalan, a number of 106 teachers. Using the Slovin formula, it got 84 respondents. Data were obtained by interview, documentation, and distribution of questionnaires. Using the multiple linear regression analysis, the result showed that competency and achievement motivation have positive and significant effect on teachers performance. The value of competency is 0,471, and the achievement motivation is 0,461. Simultaneously, competency and achievement motivation effect on teachers performance with R2 is 0,749 and Fcount is 124,513. Keywords: competency, achievement motivation, teachers performance

Detail Jurnal