Detail Karya Ilmiah
-
PENYELENGGARAAN DAN PENGAWASAN PERIJINAN REKLAME DI KABUPATEN BANGKALANPenulis : JUNAIDIDosen Pembimbing I : Mukhlish, S. H., M.HDosen Pembimbing II :Abstraksi
Reklame merupakan suatu media iklan besar yang biasanya dipasang disetiap tempat yang mudah untuk dijumpai oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Bangkalan, reklame merupakan pemberitahuan kepada masyarakat tentang barang dagangan atau dikenal dengan istilah periklanan, baik berupa sepanduk, baliho maupun yang sering digunakan saat ini adalah banner. Seiring dengan kemajuan perkembangan dan pembangunan dan bisnis, semakin maju pula pendirian pemasangan papan reklame, maupun sepanduk iklan disepanjang jalan, dijalan raya Kabupaten Bangkalan, khususnya bagi tempat yang mudah diakses oleh masyarakat, tujuan dari pemasangan reklame tersebut tidak lain adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan hasil suatu produksi, barang maupun karya kepada masyarakat, namun reklame tersebut dipasang disemabarang tempat dan sanagt mengganggu fasilitas umum, sehingga pengawasan pemerintah atas segala hak dan kewajibannya sangat penting menyikapi problem tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif. Penelitian normatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum tersebut disusun secara sistematis, dikaji kemudian ditarik kesimpulan dalam permasalahan yang diteliti.Menaganilisi dan menelaah tentang ketegasan kebijakan pemerintah atas pemasangan reklame tanpa izin dan amburadul. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut nantinya akan dijadikan rekomendasi bagi pemerintah atau instansi yang berkaitan, agar mebebrikan ketegasan atas masalah diatas, berupa kebijakan tegas tentang penindakan pemasangan reklame yang bermasalah untuk diberikan sanksi berdasarkan aturan formil. Kata kunci: Reklame, Pengawasan, Hak Penindakan,
AbstractionAdvertisement is a large advertising media that is usually installed in every place that is easily found by the community, especially in Bangkalan Regency, billboards are a notification to the public about merchandise or known as advertising terms, both in the form of banners, billboards and frequently used banners today. Along with the progress of development and development and business, the development of the installation of billboards, as well as advertising banners along the road, in the streets of Bangkalan Regency, especially for places that are easily accessible to the community, is to introduce and promote the results a production, goods or works to the community, but the billboards are installed in places and are disturbing public facilities, so that government oversight of all rights and obligations is very important in addressing the problem. The research method used is normative research. Normative research is carried out by examining library materials or secondary data consisting of primary legal material and secondary legal material. The legal material is arranged systematically, examined and then drawn conclusions on the problems studied. Research and review of the firmness of government policies for the installation of unlicensed and messy billboards. The results obtained from the study will later be used as recommendations for the government or related agencies, so as to give firmness to the above problems, in the form of a strict policy on the repression of the installation of billboards that are problematic to be sanctioned based on formal rules. Keywords: Advertising, Supervision, Enforcement Rights,