Detail Karya Ilmiah
-
PERTANGGUNG JAWABAN J&T EKSPRESS CABANG BANGKALAN KEPADA PENGIRIM ATAS RUSAKNYA BARANG KIRIMANPenulis : MILYANIDosen Pembimbing I : Azizah, S.H., M.HumDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini mengkaji tentang pertanggung jawaban perusahan tentang perlindungan hukum bagi pengirim apabila perusahaan tersebuat melakukan kelalaian tehadap pekerjaannya. Pertanggung jawaban perusahaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan untuk memenuhi hak- hak dari pengirim. Penelitian ini berfokus pada kriteria kerusakan barang kiriman serta pertanggung jawaban J&T Ekspress dalam pelaksanaan tanggung jawabnya atas kerusakan barang yang dikirimkan.Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang menggunakan metode penelittian hukum empiris, menggunakan fakta (facta approach) dan pendekatan perundang- undangan (statue approach). Metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka, dengan metode analisa data menggunakan analisis data secara kualitatif yang mengahasilkan data deskriptif analitis. Hasil penelitian ini terkait dengan pelaksanaan pertanggung jawaban perusahaan terhadap pemenuhan hak atas kerugian yang dialami oleh pengirim atas kerusakan barang kiriman di J&T Ekspress. J&T Ekspress tidak dapat memenuhi kerugian sepenuhnya yang dialami oleh pengirim, dikarenakan bahwa perusahaan mempunyai peraturan standart operasional yang sudah ditetapkan. Peratuan standart oprasional yang diterapkan oleh pihak J&T Ekspress tidak menutup kemungkinan akan penyebabkan kerugian dari pihak pengirim karena tidak sesuainya ganti rugi yang diberikan oleh perusahaan dengan harga barang kiriman. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan terhadap peraturan standart operasional agar disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang- undangan yang berlaku agar tidak menimbulkan kerugian terhadap pengirim dan J&T Ekspress dapat menjalankan tanggung jawab sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kata Kunci: Perlindungan, Pertanggung Jawaban, Kerusakan Barang Penelitian ini mengkaji tentang pertanggung jawaban perusahan tentang perlindungan hukum bagi pengirim apabila perusahaan tersebuat melakukan kelalaian tehadap pekerjaannya. Pertanggung jawaban perusahaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan untuk memenuhi hak- hak dari pengirim. Penelitian ini berfokus pada kriteria kerusakan barang kiriman serta pertanggung jawaban J&T Ekspress dalam pelaksanaan tanggung jawabnya atas kerusakan barang yang dikirimkan.Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang menggunakan metode penelittian hukum empiris, menggunakan fakta (facta approach) dan pendekatan perundang- undangan (statue approach). Metode pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka, dengan metode analisa data menggunakan analisis data secara kualitatif yang mengahasilkan data deskriptif analitis. Hasil penelitian ini terkait dengan pelaksanaan pertanggung jawaban perusahaan terhadap pemenuhan hak atas kerugian yang dialami oleh pengirim atas kerusakan barang kiriman di J&T Ekspress. J&T Ekspress tidak dapat memenuhi kerugian sepenuhnya yang dialami oleh pengirim, dikarenakan bahwa perusahaan mempunyai peraturan standart operasional yang sudah ditetapkan. Peratuan standart oprasional yang diterapkan oleh pihak J&T Ekspress tidak menutup kemungkinan akan penyebabkan kerugian dari pihak pengirim karena tidak sesuainya ganti rugi yang diberikan oleh perusahaan dengan harga barang kiriman. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan terhadap peraturan standart operasional agar disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang- undangan yang berlaku agar tidak menimbulkan kerugian terhadap pengirim dan J&T Ekspress dapat menjalankan tanggung jawab sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kata Kunci: Perlindungan, Pertanggung Jawaban, Kerusakan Barang
AbstractionThis study examines the accountability of the company regarding legal protection for the sender if the company is committed to neglecting its work. Corporate responsibility is an obligation that must be carried out to fulfill the rights of the sender. This study focuses on the criteria for damage to the shipment and the accountability of J & T Express in carrying out its responsibility for the damage to the goods sent.This research is a legal research using empirical legal research methods, using facta approach and statue approach. Data collection methods through interviews and literature study, with data analysis methods using qualitative data analysis that produces analytical descriptive data.The results of this study are related to the implementation of the company's responsibility for the fulfillment of the right to loss suffered by the sender for damage to the shipment at J&T Ekspress. J&T Ekspress cannot fulfill the full loss experienced by the sender, because that the company has an operational standard regulation that has been set. The operational standard applied by J&T Ekspress does not rule out the possibility of causing the loss of the sender due to incompatible compensation provided by the company at the price of the shipment. Therefore, there needs to be an update on operational standard regulations so that they are adjusted to the regulations set by the prevailing laws and regulations so as not to cause harm to the sender and J & T Ekspress can carry out the responsibilities in accordance with applicable regulations. Keywords: Protection, Liability, Damage to Goods