Detail Karya Ilmiah
-
ANALISA EFEKTIVITAS KEAGENAN LAKU PANDAI BRI SMART DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BRI SYARIAH ( Studi kasus BRI Syariah Bangkalan )Penulis : BASITDosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc.,MADosen Pembimbing II :Abstraksi
Agen dalam Laku Pandai merupakan penduduk setempat, memiliki kegiatan usaha di lokasi sebagai sumber penghasilan utama dan memiliki kemampuan Sementara yang berbadan hukum Indonesia yang diperkenankan melakukan kegiatan di bidang keuangan atau retail outlet, memiliki teknologi informasi dan kinerja yang baik. Sementara agen berbadan hukum antara lain perseroan terbatas dan koperasi. Berdasarka uraian ini, maka rumusan penelitian ini adalah analisa efektivitas keagenan laku pandai BRI Smart dalam meningkatkan jumlah nasabah Bri syariah? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dapat juga dianggap sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif atau sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keagenan laku pandai BRI Smart dalam meningkatkan jumlah nasabah BRI Syariah pada BRI Syariah Bangkalan dengan menerapkan sistem keagenan branch office system dapat disimpulkan cukup efektif melihat bertambahnya nasabah para agen dari waktu ke waktu yang dirasa cukup signifikan, prosentase perolehan nasabah yang dihasilkanpun 5% dari total perolehan nasabah BRI Syariah secara keseluruhan, pasalnya Agen Laku Pandai BRI Syariah hanya berhasil memperoleh nasabah sejumlah 713 NoA (Number of Account) dengan total perolehan nasabah BRI Syariah secara keseluruhan mencapai angka 14.291 NoA. Kata Kunci : Keagenan, Laku Pandai BRI Smart, Nasabah BRI syariah
AbstractionAgent in Laku Pandai are local people, has on-site activities as the main source of income and has the capability of credibility. While the Indonesian legal entities are allowed to conduct activities in the field of finance or have a retail outlet, has business activities on site, has adequate information technology and has a reputation, credibility, and good performance. Meanwhile, legal entities include limited liability companies and regional companies. Based on this description, the research problem in this study is how to analyzed the agency effectiveness smart behavior BRI Smart in increasing number of BRI Syariah customers? The type of research that used in this research is qualitative, namely research that produced analytical procedures that didn’t used statistical analysis procedures. This research used field research type (Field Research) can also be considered as wide approach in qualitative research or as a method to collect qualitative data. The results showed that agency smart behavior BRI Smart in increasing the number of BRI Syariah customers at BRI Syariah Bangkalan by applying agency system branch office system can be concluded quite effectively see the increase of agent customers from time to time that is considered significant, the percentage of customers acquisition generated 5 % of total acquisition of BRI Syariah customers as a whole, the article of agency smart behaviour BRI Syariah only succeeded in obtaining customers of 713 NoA (Number of Account) with total customer acquisition of BRI Syariah as a whole reaching 14,291 NOA. Keywords: agency, Laku Pandai BRI smart, BRI Syariah customers