Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH TA’W?D? (GANTI RUGI) TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN MUR?BAH?AH PADA BPRS MADINAH LAMONGANPenulis : Sri AtinaDosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc., MA.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Latar belakang penelitian yang berjudul Pengaruh Ta’w?d? (Ganti Rugi) Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Mur?bah?ah pada BPRS Madinah Lamongan adalah adanya pembebanan ta’w?d? (ganti rugi)pada nasabah yang melakukan pelanggaran atau pembiayaan bermasalah. Ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi nasabah untuk meminjam pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Madinah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ta’w?d? (ganti rugi)terhadap loyalitas nasabah pembiayaan mur?bah?ah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Objek dalam penelitian ini adalah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Madinah Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang diberikan kepada 61 nasabah pembiayaan mur?bah?ah yang terkena ta’w?d?(ganti rugi) periode 2014 sampai 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ta’w?d? (ganti rugi) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan mur?bah?ah, dengan nilai significant lebih dari 0,05.
AbstractionThe background of theresearch, entitled Influence of Ta'w?? (Compensation) to Loyalty of Mur?bah?ah's Financing Customers at BPRS Madinah Lamongan is the imposition of ta'w?? (compensation) on customers who committed violations or problem financing. It becomes a separate consideration for the borrower to borrow Financing at the Islamic People's Financing Bank of Madinah. This research aims to determine the influence of ta'w?? (compensation) to loyality of mur?bah?ah's financing customer. This research uses quantitative research method with analytical descriptive approach. The object of this research is BPRS Madinah Lamongan. Data collection techniques used a questionnaire method that was given to 61 mur?bah?ah financing customers who were exposed ta'w?? (compensation) period 2014 to 2015. Data analysis techniques used were simple linear regression analysis. The results showed that the variable ta'w?? (compensation) did not have a significant influence on loyality of mur?bah?ah's financing customer, with a significant value more than 0.05.