Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGUNJUNG MEMILIH HOTEL WALAN SYARIAH
    Penulis : Muhammad Beny Adama
    Dosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah tentang bagaimana Faktor-faktor yang mendasari pengunjung memilih hotel walan syariah dan Faktor apakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan pengunjung dalam memilih hotel walan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey, yaitu peneliti memilih sejumlah responden sebagai sampel, dan memberikan mereka kuisioner yang sudah baku. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis faktor, yaitu yang cara kerjanya adalah mengumpulkan variabel-variabel yang berkorelasi ke dalam satu atau beberapa faktor, dimana antara satu faktor dengan faktor lainnya saling bebas dan tidak berkorelasi. Dari faktor yang terbentuk inilah nanti akan dapat dilihat faktor yang menjadi penjelas utama terhadap suatu populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat 5 faktor yang dipertimbangkan pengunjung/konsumen dalam mengambil keputusan menginap dan memakai jasa hotel yaitu: faktor fasilitas, faktor memori, faktor produk, faktor jarak, dan faktor kelas sosial. Faktor yang paling dominan yang dipertimbangkan oleh konsumen dengan varians sebesar 28,662% dan nilai eigen 4,586 adalah faktor fasilitas. Artinya, faktor pertama yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan untuk memakai jasa pada hotel Walan Syariah adalah faktor fasilitas. Hal ini dikarenakan fasilitas menjadi bagian penting dalam pengambilan keputusan pengunjung menggunakan jasa hotel. Kata Kunci: Faktor-Faktor, Jasa Hotel, Hotel Syaria

    Abstraction

    ABSTRACT This research was conducted to answer same formulation of the problem of how the factors that underline the visitor chose Hotel Walan Sharia and what is the most dominant factor influenceing in selecting a hotel visitor Walan Syariah. This research is research that is quantitative using the survey approach, reasearchers chose a number of respondents as a sample, and give them a questionnaire alreadyraw. Then the research using the factor that form this is soon to be seen the main explanatory factors being of a population. The results of this research show based on research results, be aware that there are 5 factors that are considered visitors/consumers in taking decisions to stay and the hotel services namely: wear factors facility, factor, factor memory product, a factor the distance, and a factor of social class. The most dominant factor considered by consumers with a variance of 28.662% eigen value and 4.586% is a factor. That is, the first factor considered consumers in takingthe decision to wear the service at hotel Walan Sharia is a factor. This is because the facilities an important part in decision making visitors use the service. Keywords: Factors, Hotel Service , Shariah Hotel

Detail Jurnal