Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pengambilan Keputusan Masyarakat dalam Berbelanja di Pasar Modern (Studi Kasus Minimarket BAsmalah Sidogiri Lenteng)
    Penulis : Ika Ibriza Maulidiya
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc,. MA
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Analisis Pengambilan Keputusan Masyarakat Dalam Berbelanja Di Pasar Modern Perilaku konsumen menyangkut masalah keputusan yang diambil seseorang untuk menggunakan barang dan jasa dan hal ini membutuhkan proses untuk mengambil keputusan yang tepat untuk membeli suatu kebutuhan mereka. Bagaimana tempat yang dijadikan pusat pembelian atau bagaimana barang yang akan dibelinya. Salah satu tempat pusat perbelanjaan adalah Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng yang ada di Kabupaten Sumenep Kecamatan Lenteng Desa lenteng Timur. Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng adalah cabang dari Minimarket Basmalah Sidogiri yang ada di Pasuruan. Minimarket ini merupakan minimarket yang paling ramai dikunjungi konsumen atau masyarakat. Peneliti tertarik untuk mencari dan menganalisis pengambilan keputusan masyarakat dalam berbelanja di minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : 1) Bagaimana proses pengambilan keputusan masyarakat dalam berbelanja di Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng? 2) Faktor apa saja yang paling dominan mempengaruhi pengambilan keputusan masyarakat dalam berbelanja di Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif. Sumber data primer yang digunakan adalah wawancara dengan masyarakat/konsumen Basmalah Sidogiri Lenteng. Sedangkan data sekunder didapat dari beberapa dokument yang dibutuhkan yang ada di Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng. Hasil Penelitian ini adalah: 1) proses pengambilan keputusan masyarakat dalam berbelanja di Minimarket Basmalah Sidogiri Lenteng melalui beberapa tahap. (a) Pengenalan kebutuhan, (b) pencarian informasi yang didapatkan dari pengalaman diri sendiri (c) pengambilan keputusan yang didasarkan kepercayaan dan pengalamannya, (d) melakukan pembelian ulang saat barang sudah habis terpakai. 2) faktor yang paling dominan adalah faktor keluarga dan harga. Kata Kunci : Proses Pengambilan Keputusan, Faktor-Faktor Perilaku Konsumen

    Abstraction

    An Analysis of Society’s Shopping Decision-Taking in Modern Market Consumers’ behavior involves in decision-taking issues which is done by each individual to use products and services, and this requires a process to take the right decision in purchasing any of their needs. How the purchasing place takes place or how the condition of the products which is going to be purchased is also worth it to be taken into account. One of the shopping places is Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket which is located in East Lenteng Village, Lenteng Subdistrict, Sumenep Regency. Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket is a Minimarket branch of Basmalah Sidogiri Minimarket which is originally located in Pasuruan. This minimarket is the most visited minimarket in Sumenep Regency. The writer is interested in finding and analyzing society’s shopping decisions-taking in Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket. This study aims to answer some research questions as follow: 1) How are the processes of society’s decision-taking for shopping in Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket? 2) What is the most dominant factor which influences society’s shopping decision in Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket? This study is a qualitative research. Thus, the primary data source of this study is interview with some consumers of Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket. Furthermore, the secondary data are obtained from some required documents of Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket. The results of this study are: 1) the processes of society’s decision-taking for shopping in Basmalah Sidogiri Lenteng Minimarket are through several stages. (a) Due to the required needs, (b) information found by personal experiences, (c) decision-taking based on beliefs and experiences, (d) re-buying products when the products are used up. 2) the most dominant factor is family factor, in which the products needed tend to be used for the sake of family members. Keyword : The Proses of decision-making, faktor consumer behavior

Detail Jurnal