Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Penerapan Shari'a Marketing dalam Perusahaan Rabbani Cabang Babat-Lamongan
    Penulis : Prastiwi Rachmatulloh Riski
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc., MA.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Dalam hal ini, pemasaran sharia atau shari’a marketing memiliki posisi yang sangat strategis, karena pemasaran sharia merupakan salah satu strategi pemasaran yang didasarkan pada al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Toko Rabbani merupakan salah satu perusahaan kerudung instan pertama dan terbesar di Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi visi dan misi toko Rabbani yang sangat menjunjung tinggi keridhoan Allah yakni “Berjumpa dengan Allah di surga Firdaus”, tentunya dalam pelaksanaannya dan strategi pemasaran toko Rabbani harus sesuai dengan shari’a marketing. Fokus penelitian yang akan dibahas adalah bagaimana penerapan karakteristik shari’a marketing dalam perusahaan Rabbani cabang Babat-Lamongan dan Bagaimana analisis penerapan shari’a marketing dalam perusahaan Rabbani cabang Babat-Lamongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan dua jenis sumber data, yakni data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi kegiatan, arsip, maupun laporan penjualan toko Rabbani. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sistem marketing dalam toko Rabbani secara garis besar sesuai dengan karakteristik shari’a marketing, prinsip-prinsip shari’a marketing meliputi strategi shari’a marketing, taktik sharia marketing, dan diaplikasikan dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari empat unsur yaitu produk barang (Product), harga (Price), saluran distribusi (Place) dan promosi (Promotion). Kata Kunci: Penerapan, Shari’a Marketing, Perusahaan Rabbani

    Abstraction

    This activity needs the right basic concept to fulfil the significant marketer and the requirement along with the pretension of customer. In this case, the marketing syaria or shari’a marketing have a strategic position, because the marketing syaria is one of the marketing strategy that base on the al-Qur’an and sunat Rasulallah SAW. Rabbani store is the first and greatest of the enterprice of instant veil in Indonesia. The background of this research is because of the vision and mission of the Rabbani store which more respect in keridhoan of Allah, that is “to meet with Allah in Firdaus heaven”, certainly in the realization and strategy of marketing of Rabbani store must be appropriaely with the shari’a marketing. This research is foccus on how the application of characteristics of shari’a marketing in the branch of Rabbani enterprice in Babat-Lamongan and how the analysis of application of shari’a marketing in this branch of Rabbani enterprise Babat-Lamongan. This research is field reseach used two kind of source of data, the first is primary data obtained from the result of interview and observation, the second is secondary data obtained from the documentation of acivities, files nor the reports of sales of Rabbani store. After the data collected, it analyzed with desctiptive and qualitative reseach. The result of this research showed that the system of marketing in Rabbani store was agree with the characteristics of shari’a marketing, the principles of shari’a marketing include strategy of shari’a marketing, tactics of shari’a marketing, and applied in marketing mix which consists of 4 elements, these are product, price, place and promotion. Keywords: Application, Shari’a marketing, Rabbani enterprice

Detail Jurnal