Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PEMASARAN BERBASIS ANDROID DALAM PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH PADA APLIKASI CASHTREE (PULSA DAN HADIAH GRATIS)Penulis : Firani FitantiaDosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.HI., M.EIDosen Pembimbing II :-Abstraksi
ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Analisis Pemasaran Berbasis Android Dalam Perspektif Marketing Syariah pada Aplikasi Cashtree (Pulsa dan Hadiah Gratis). dilatarbelakangi oleh banyaknya sistem pemasaran yang tidak sesuai dengan syariat, baik pemasaran secara langsung ataupun online yang menjanjikan sesuatu yang cepat dan gratis, maka peneliti tertarik untuk mengambil suatu masalah tentang pemasaran online yang terdapat pada aplikasi cashtree. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana mekanisme pada aplikasi cashtree, dan analisis pemasaran berbasis android dalam perspektif marketing syariah pada aplikasi cashtree. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menjelaskan secara sistematis penelitian tentang pemasaran aplikasi cashtree dalam perspektif marketing syariah. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengguna cashtree mengenai pemahaman akan pengiklanan dan sistem pemasaran yang terdapat pada aplikasi cashtree. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perspektif marketing syariah aplikasi cashtree memiliki kesesuaian dengan karakteristik yang ada pada pemasaran syariah, yaitu humanistis (al-insaniyyah) dengan membagikan link dengan cara mengundang teman melalui media sosial, pihak yang diundang dan pihak pengundang sama-sama diuntungkan dengan perolehan cash yang sama. Realistis (al-waqi’iyyah) adalah pulsa yang diberikan cashtree sesuai dengan upaya yang dilakukan dan dikorbankan oleh pengguna, dan etis (akhlaqiyyah) yaitu pertama dengan cara memastikan untuk mengembangkan semua fitur di cashtree agar membuat iklan berkualitas, lebih mutakhir dalam menargetkan pengguna. Kedua untuk memastikan bahwa cashtree bisa menyingkirkan orang-orang yang menyalahgunakan aplikasi ini di pasar. Kata kunci: Pemasaran, Cashtree dan Marketing Syariah.
AbstractionABSTRACT This research on the title Android Marketing Analysis on Syariah Perspective through Cashtree Application (Pulse and Giveaway) based on inappropriate marketing system through Islamic regulation (syari’ah) such as a promise to get something fast and free. Thus, the researcher interested in taking the problem through online marketing on Cashtree. The statements of the research are: how Cashtree runs and how the is the analysis. Especially for android marketing analysis on syari’ah perspective through Cashtree application. Descriptive analysis is using for this research to describe the problem systematically. The data is taking from the questioners of Cashtree users toward their understanding on it marketing system. This study shows that in syariah perspective, cashtree application has appropiated with Islamic regulation such as: Humanistic (al-Insaniyyah); friend inviting by sharing the link on social media. The user and the invited person are gained the profit with the same result. Realistic (al-Waqi’iyyah); the pulse gave by cashtree application appropriated with the effort did by the user. Ethic (Akhlaqiyyah); first, enactive that the application will be upgraded through its feature and make the quality advertisement useful for the users. Second, make sure that this application abuse inappropiated users. Keywords: Marketing, Cashtree and Syari’ah Marketing.