Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENERAPAN KONSEP BISNIS SYARIAH PADA JUAL BELI RUMAH (Studi Kasus Di Developer Property Syariah D’Ahsana Mojokerto)
    Penulis : Cindy Rizky Setiawan Putri
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan, Lc. MA
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Skripsi ini berjudul “Analisis Konsep Bisnis Syariah Pada Jual Beli Rumah Di Developer Properti Syariah D’Ahsana Mojokerto”. Developer Properti Syariah d’Ahsana Mojokerto adalah sebuah perusahaan properti yang menggunakan aturan syariah Islam sebagai aturan mainya. Dalam pengadaan, akad jual beli, desain produk, dan segala hal tentangnya semua disandarkan kepada hukum syariah. Developer Properti Syariah d’Ahsana mojokerto tidak bekerjasama dengan lembaga perbankan atau lembaga keuangan yang lain dalam permodalan maupun penjualanya.Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Analisis Konsep Bisnis Syariah Pada Jual Beli Rumah Di Developer Properti Syariah D’Ahsana Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang didapatkan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi di kantor pemasaran developer properti syariah D’Ahsana yang berada dikota mojokerto di jalan kedung turi tropodo di depan mushola PAY baitul bakkah untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dalam hal Penerapan Konsep Bisnis Syariah Pada Jual Beli Rumah di Developer Properti Syariah D’Ahsana Mojokerto sudah sesuai syariah dan tidak ada penyimpangan didalamnya. Semua sudah diatur dalam kegiatan bisnisnya dan Prinsip-prinsip syar?ah yang tercermin dalam 4 (empat) pilar dan diterapkan dalam developer property syariah D’Ahsana Mojokerto ini adalah pertama, menggunakan akad syariah. Yang kedua, Teknik rumah syariah yakni menggambarkan konsep rumah sesuai permintaan pembeli dan sesuai syariah. Yang ketiga, marketing syariah disini D’Ahsana Properti Syariah menggunakan konsep marketing atau penjualan sesuai konsep bisnis dan pemasaran islam dan yang terakhir, management cash flow atau bagian keuangan perusahaan agar mengelola keuangan dengan baik.

    Abstraction

    This thesis entitled "Analysis of Sharia Business Concepts On Sale and Purchase Homes At Sharia Property Developers D'Ahsana Mojokerto". Developer Property Syariah d'Ahsana Mojokerto is a property company that uses the rules of Islamic sharia as a rule mainya. In the procurement, the contract of sale and purchase, product design, and everything about it all based on sharia law. Syariah property developer d'Ahsana mojokerto does not cooperate with banking institutions or other financial institutions in the capital or penjualanya.Tujuan of this thesis is to explain how the Analysis of Sharia Business Concepts On Sale and Sell Houses At Sharia Property Developers D'Ahsana Mojokerto. This study uses field method with qualitative approach obtained by conducting interviews and documentation at the development office of Ahahana sharia property developer located in mojokerto city in jalan kedung turi tropodo in front of PAY baitul muskah to get the information needed for the next Analyzed qualitatively and presented descriptively. The results of this study conclude that In the Application of Sharia Business Concepts On Sale and Purchase Houses in the Shariah Property Developers D'Ahsana Mojokerto already according to sharia and there are no irregularities in it. All arranged in its business activities and syar?ah Principles which are reflected in 4 (four) pillars and applied in the Ahari's sharia property developer D'Mojokerto this is the first, using syariah contract. Secondly, Sharia house technique that describes the concept of the house according to buyer demand and according to sharia. The third, the sharia marketing here D'Ahsana Syariah property using the concept of marketing or sales according to business concepts and marketing of Islam and the last, cash flow management or finance company to manage finances well.

Detail Jurnal