Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEINGINAN MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHAWAN
    Penulis : MUZDHALIFAH
    Dosen Pembimbing I : DR. ABDUR ROHMAN, S.AG., M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Di Indonesia mata kuliah kewirausahaan menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Salah satu bagian dari mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa untuk bisa menciptakan produk yang memiliki nilai jual di pasar, termasuk mempresentasikan produk tersebut di ruang kelas dan jika perlu melakukan uji coba penjualan produk ke pasar. Kondisi realita ini telah menjadikan mereka yang selesai kuliah memiliki keinginan kuat untuk memiliki usaha, bahkan ada diantara mereka yang telah memulai usaha semenjak sedang kuliah. Konsep kuliah sambil berbisnis dan bekerja sambil berbisnis telah begitu popular sekarang ini. Dan ini termasuk dipakai oleh kalangan politisis, yaitu berbisnis sambil berpolitik dan berpolitik sambil berbisnis. Dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap keinginan mahasiswa menjadi wirausahawan. Dalam penelitian ini variabel mata kuliah kewirausahaan digunakan untuk mengukur keinginan mahasiswa menjadi wirausahawan. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Syariah yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dengan menggunakan uji T. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah kewirausahaan berpengaruh baik terhadap keinginan menjadi wirausahawan, Berdasarkanhasil uji T menyatakan bahwa mata kuliah kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keinginan mahasiswa menjadi wirausahawan.

    Abstraction

    In Indonesia entrepreneurship courses become one of the obligation that must be taken by students. One part of this course teaches students to be able to create products that have market value in the market, including presenting the product in the classroom and if necessary test the sale of products in the market. The reality of this condition has made those who finish college have a strong desire to have a business, even among those who have started a business since it was in college. The concept of major its self is, while doing business, a popular business right now and working. And this includes used by the politics, which is doing business while doing politics and politics while doing business. And to know how the influence of entrepreneurship courses on the desire of students to become entrepreneurs. Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 01, No. 01, Hal 1- 11 AGUSTUS 2017 MUZDHALIFAH | UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA 2 In this research, entrepreneurship subject variables are used to measure students' desire to become entrepreneurs. Objects in this study are schola of Shariah Economics who have followed entrepreneurship courses. Quantitative analysis is done by validity test, reliability test, simple linear regression analysis, coefficient of determination test, hypothesis test by using T test. The results showed that entrepreneurship courses have a good effect on the desire to become entrepreneurs, Based on T test results states that entrepreneurship courses have a positive effect on the desire of students to become entrepreneurs.

Detail Jurnal