Detail Karya Ilmiah
-
EVALUASI KINERJA BPRS MADINAH DENGAN SISTEM PENGUKURAN MAS}LAH}A SCORECARD (MaSC) (Studi Kasus Pada BPRS Madinah Lamongan)Penulis : Moh. Pradana Misbachul MunirDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag., M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Evaluasi Kinerja BPRS Madinah Dengan Sistem Pengukuran Mas}lah}a Scorecard (MaSC) (Studi Kasus Pada BPRS Madinah Lamongan) Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja BPRS Madinah Lamongan dengan sistem pengukuran Mas}lah}a Scorecard sebagai suatu pengukuran yang dapat mengukur kinerja meliputi 6 perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif tenaga kerja, perspektif pembelajaran, perspektif proses internal, perspektif ibadah, perspektif harta kekayaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif dengan menggunakan data kuisioner dan observasi dari BPRS Madinah Lamongan. Pengukuran kinerja perspektif pelanggan dilihat dari tingkat kepuasan dengan menggunakan skala likert, dan 5 perspektif lainnya dilihat dari tingkat persetujuan dari para karyawan dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menggunakan sistem pengukuran Mas}lah}a Scorecard dapat diperoleh beberapa variasi hasil pencapaian kinerja. Semua perspektif telah mencapai kinerja yang baik berdasarkan pengukuran dengan skala likert. Kinerja BPRS Madinah Lamongan ditinjau dari perspektif pelanggan sebesar 3,98, ditinjau dari perspektif harta kekayaan sebesar 9,28, ditinjau dari perspektif ibadah sebesar 31,21, ditinjau dari perspektif pembelajaran sebesar 10,36, ditinjau dari perspektif proses internal sebesar 10,3, ditinjau dari perspektif tenaga kerja sebesar 19,32 angka tersebut menunjukkan bahwa BPRS Madinah Lamongan memiliki kriteria kinerja yang baik. Berdasarkan perhitungan diatas diketahui kinerja hasil kemaslahatan pada BPRS Madinah Lamongan menunjukkan hasil sebesar 0,72 berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa BPRS Madinah Lamongan memberikan kemaslahatan kepada seluruh stakeholder atau dalam hal ini stakeholder yang dimaksudkan adalah nasabah. Kata Kunci: Kinerja, BPRS, Mas}lah}a Scorecard
AbstractionABSTRACT Evaluation of the Performance BPRS Madinah by Measurement Systems Mas}lah}a Scorecard (MaSC) (Case Study At BPRS Madinah in Lamongan) This study aimed to measure the performance of BPRS Madinah Lamongan with the measurement system Mas}laha Scorecard as a measurement that could measure performance include 6 perspectives such as customer perspective, labor perspective, learning perspective, internal process perspective, worship perspective, wealth perspective. This research was quantitative research which descriptive approach by using questionnaire data from BPRS Madinah. Measurement of customer perspective performance can be seen from the level of satisfaction by using Likert scale, and 5 other perspectives seen from the level of approval of the employees by using Likert scale. Data analysis techniques we used was descriptive statistics. From the results of the study using the measurement system Mas}lah}a Scorecard could be obtained several variations of performance achievement results. All perspectives had good achieved performance based on measurements with Likert scale. The performance of BPRS Madinah Lamongan was viewed from a customer perspective of 3.98, from the perspective of wealth of 9.28, the perspective of worship of 31.21, the learning perspective of 10.36, the perspective of the internal process of 10.3 the labor perspective of 19.32 the figure shows that BPRS Madinah Lamongan had good performance criteria. Based on the calculation, it was known that the results of the benefit of BPRS Madinah Lamongan showed the result of 0.72 based on the result, it could be concluded that BPRS Madinah Lamongan gave good benefit to all the stake holder, in this case the intended stake holder was the customer. Keywords: Performance, BPRS, Mas}lah}a Scorecard